Tuesday, December 10, 2019
FYI
FYI

Rekomendasi Spot Diving Terbaik di Indonesia (Part I)

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
29, April 2019

Gemar menyelam? Sudah punya lisensinya? Jika ya, maka tiga spot diving berikut ini patut Anda selami.

1. Taman Nasional Taka Bonerate, Sulawesi Selatan

Menyelam merupakan kegiatan yang menyenangkan, sekalipun pemula, jika tahu cara menikmatinya, maka akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Salah satu destinasi diving yang tak boleh Anda lewatkan adalah Taman Nasional Taka Bonerate yang berlokasi di Sulawesi Selatan.

Sedikitnya, Anda bisa menyelam di lebih dari 20 titik penyelaman berdasarkan sertifikasi yang Anda miliki. Misal, Anda memiliki sertifikat advance bisa menjajal lokasi mirip seperti wall di Latondu. Ada pula yang bisa dinikmati oleh semua jenis sertifikasi, seperti Corina Corner, Fujiyama, Pinky Fish dan Ibel Orange. Keunggulan lain yang dimiliki Taman Nasional Taka Bonerate adalah kawasan atoll (terumbu karang) ketiga di dunia, setelah Kepulauan Marshall dan Maladewa.

2. Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua Barat

Dikenal sebagai taman nasional dengan perairan terluas di Indonesia membuat Teluk Cendrawasih sebagai lokasi sempurna untuk menikmati keindahan bawah laut bersama spesies hiu terbesar, Rhincodon typus atau lebih dikenal dengan nama hiu paus. Tepatnya di Desa Kwantisore, hewan jinak berukuran raksasa tersebut bisa muncul kepermukaan air secara berkelompok maupun individu dengan cara dipanggil menggunakan ikan puri (ikan teri berukuran kecil). Ada juga dugong, penyu dan lumba-lumba yang siap menemani Anda selama menyelam.

3. Halmahera Utara, Maluku Utara

Selain Pulau Ternate, Halmahera juga memiliki banyak lokasi snorkelling dan diving. Di kawasan Halmahera Utara ada beberapa titik yang cocok sebagai lokasi menyelam, seperti Pulau Kakara Besar, Pulau Tupu-tupu, Pulau Lima, Pulau Pawole dan Volcano Underwater yang sangat cantik di Galela. Perairan Halmahera Utara dikenal kaya akan ikan, jika beruntung, Anda bisa menjumpai ikan kerapu dengan panjang lebih dari satu meter. Anda bahkan bisa menikmati peninggalan Perang Dunia II saat menyelam di Pulau Bobale.

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration