Monday, May 27, 2019
FYI
FYI

Rekomendasi Spot Diving Terbaik di Indonesia (Part II)

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
02, May 2019
145

Melanjutkan artikel sebelumnya, Check In Jakarta kembali membahas rekomendasi spot diving terbaik di Indonesia bagian kedua.

1. Pulau Weh, Banda Aceh

Berada di bagian paling ujung Barat Indonesia, Pulau Weh menawarkan cukup banyak lokasi menyelam yang tidak boleh Anda lewatkan. Terumbu karang yang cantik, biota laut yang beragam, ombak yang tenang, tidak mengherankan jika Pulau Weh disebut sebagai surga menyelam kelas dunia. Salah satu lokasi favorit para penyelam adalah Batee Tokong. Di sini, Anda bisa mengagumi ‘tebing’ setinggi 25 meter di dalam laut. Jika beruntung, Anda bisa bertemu dengan kawanan hiu, gurita, Lion Fish hingga Frog Fish selama menyelam. Sementara bagi pemula bisa menjajal Arus Balee yang berada di antara dua pulau kecil, Plau Rubia dan Seulako. Anda akan dimanjakan dengan arus yang tenang dan kawanan hiu jinak di sini.

2. Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur

Indahnya kekayaan alam bawah laut di pulau yang terletak di sebelah timur Flores, Nusa Tenggara Timur ini boleh diadu dengan yang lain. Jika beruntung, Anda bisa bertemu dengan udang mantis, ikan pari mata, ikan napoleon bahkan ikan hiu paus. Menariknya lagi, titik penyelaman di pulau ini memiliki tingkat kesulitan tersendiri, sehingga dapat dinikmati mulai oleh pemula maupun penyelam profesional. Beberapa lokasi yang cukup menantang, antara lain Crocodile Rock, Cave Point, Alor Expree, No Man’s Land dan Rahim’s Point. Pulau Alor juga dikenal sebagai lokasi menyelam dengan kejernihan air yang sangat baik, bahkan di kedalaman 40 meter, Anda masih bisa melihat biota laut dengan jelas.

3. Selat Lembeh, Sulawesi Utara

Berjarak dua jam perjalanan menggunakan perahu dari Manado, Selat Lembeh sangat ideal bagi pecinta muck diving (menyelam di dasar laut) sekaligus fotografer makro. Menggunakan kamera yang tepat, selat yang juga dijuluki dengan nama The Mecca of Macro Photography ini menjadi surga spesies endemik unik, seperti Emperor Cuttlefish, Mimic Octopus, Ghost Pipefish, Flamboyant Sotong, Nudibranch dan masih banyak lagi. Karena dasar laut ditutupi pasir hitam pekat, maka dibutuhkan keahlian khusus untuk menyelam di sini. Sangat disarankan kaki tidak mengenai dasar laut selama menyelam agar laut tidak keruh akibat pasir yang bertebaran.

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration