Sunday, October 20, 2019
Tips
Tips

Rumah Aman Selama Ditinggal Mudik? Ini Tipsnya!

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
29, May 2019
778

Menjelang Lebaran, Jakarta mulai lengang. Namun, bagaimana nasib rumah yang akan ditinggal mudik ke kampung halaman? Tidak perlu was-was, berikut tips sederhana untuk menjaga rumah agar tetap aman selama mudik.

1. Listrik dan Gas

Ternyata bukan hanya pencurian saja yang membuat banyak orang was-was saat meninggalkan rumahnya, namun juga kebakaran. Pastikan Anda mencabut semua kabel dari stop kontak, kabel televisi, penanak nasi, kulkas, kipas angina dan perangkat listrik lain sebelum meninggalkan rumah. Selain mengurangi penggunaan listrik, hal tersebut juga bisa mengurangi potensi korsleting. Di samping itu, pastikan regulator dan selang tabung gas sudah terlepas dari kompor guna menghindari kebocoran.

2. Lubang Pembuangan dan Air

Tutup semua lubang pembuangan untuk menghindari adanya hewan pengerat yang masuk ke dalam rumah. Begitu pula dengan kran air, pastikan jika tidak ada kebocoran. Sekecil apapun kebocorannya akan berdampak pada tagihan bulanan. Anda juga bisa mematukan dari kran pusat sehingga air tidak akan mengalir selama mudik.

3. Pengiriman Barang

Jika Anda berencana mudik dalam waktu yang lama, hentikan pengiriman barang ke rumah. Barang yang menumpuk membuat rumah terlihat kosong dan bisa memancing tindak kejahatan. Jika sudah terlanjur, Anda bisa menanyakan tetangga paling dekat apakah mereka keberatan jika alamat rumahnya digunakan sebagai alamat pengiriman barang dan menyimpannya untuk sementara waktu.

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration