< FYI

Saat Mensturasi, Jangan Konsumsi Makanan Ini!

Saat Mensturasi, Jangan Konsumsi Makanan Ini!

FYI

Menstruasi merupakan proses meluruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang mengandung banyak sel telur dan pembuluh darah. Nyeri dan kram perut saat menstruasi merupakan hal yang wajar terjadi akibat kontraksi otot perut saat mengeluarkan darah dari dalam rahim. Tak hanya itu, saat menstruasi, wanita tentu akrab dengan rasa lemas, kembung, sakit kepala bahkan suasana hati yang berubah-ubah. Berikut makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat menstruasi.

1. Makanan Pedas

Makanan pedas yang Anda konsumsi saat menstruasi dapat memicu hot flashes, fenomena tubuh mendadak terasa panas. Bahan yang membuat makanan terasa pedas akan menempel pada lapisan perut dan usus. Hal tersebut bisa menjadi pemicu kram perut yang cukup menyakitkan.

2. Makanan Manis

Saat menstruasi, kadar gula darah menjadi tidak stabil. Mengonsumsi makanan manis berdampak pada fluktuasi gula darah dalam tubuh. Akibatnya, suasana hati bisa berubah-ubah. Anda bisa mengganti makanan manis, seperti es krim, permen, cokelat dengan buah-buahan atau yogurt.

3. Minuman Mengandung Kafein

Meski tak sebanyak kafein yang terkandung dalam kopi, beberapa minuman seperti teh, minuman bersoda, minuman berbahan dasar cokelat juga mengandung kafein. Menurut peneliti, kafein dapat menghambat kerja lambung sehingga menimbulkan rasa mual. Selain itu, kafein bisa membuat seseorang sulit tidur, padahal saat menstruasi tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk istirahat. Anda bisa mengganti minuman berkafein dengan air mineral.