< Tips

Sambut Mudik, Persiapkan Hal Berikut Agar Perjalanan Aman dan Nyaman!

Sambut Mudik, Persiapkan Hal Berikut Agar Perjalanan Aman dan Nyaman!

Tips

Tak terasa minggu depan sudah lebaran, nih. Banyak orang sudah bersiap untuk mudik ke kampung halaman. Anda kah salah satunya? Nah, agar perjalanan mudik Anda aman dan nyaman, simak tips berikut ini!

1. Cek Kembali Barang Bawaan
Sebelum menutup tas dan koper Anda, coba cek kembali apakah barang-barang yang perlu dibawa sudah masuk ke dalam tas atau belum. Lebih baik lagi saat sebelum mulai packing, Anda membuat packing list dari jauh-jauh hari agar tidak ada yang terlupa. Saat packing selesai Anda tinggal menyesuaikannya dengan packing list yang telah Anda buat. Barang-barang seperti pakaian, obat-obatan pribadi, charger atau hal lain untuk menunjang gadget Anda, sampai oleh-oleh untuk sanak saudara jangan sampai terlupakan agar Anda tidak panik di tengah perjalanan. 

2. Periksa Kondisi Kendaraan
Banyak orang yang mudik dengan membawa kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil. Apapun kendaraan yang Anda gunakan, periksalah kondisi kendaraan sebelum Anda berangkat mudik dan pastikan layak untuk dikendarai. Anda juga bisa, lho, membawa kendaraan Anda ke bengkel langganan untuk diservis agar performa kendaraan lebih maksimal. 


Photo source: http://www.pixabay.com

3. Pastikan Kondisi Tubuh Prima
Tak hanya kendaraan saja yang harus memiliki kondisi yang baik, namun Anda sebagai penumpangnya pun harus turut memiliki kondisi yang prima. Apalagi bila Anda yang menyetir kendaraan. Pastikan tidur Anda cukup agar tidak mengantuk saat menyetir.

Bila mata terasa berat menepilah dahulu di tempat peristirahatan terdekat untuk mengembalikan kondisi tubuh. Atau Anda bisa meminta saudara untuk menggantikan Anda menyetir terlebih dahulu sampai kondisi tubuh Anda kembali prima untuk menyetir. Konsumsilah vitamin sebelum dan selama perjalanan agar Anda tetap sehat. 

4. Hitung Waktu Perjalanan
Karena banyaknya masyarakat yang mudik, pastinya arus lalu lintas juga akan meningkat drastis dan kondisi jalanan menjadi lebih macet. Untuk menghindarinya, Anda bisa menghitung waktu perjalanan agar tidak menghabiskan terlalu banyak waktu untuk sampai ke tempat tujuan. Anda juga bisa mengecek kondisi lalu lintas melalui aplikasi GPS seperti Google Maps atau Waze untuk membantu memperkirakan waktu perjalanan Anda. 


hoto source: http://www.pixabay.com

5. Barang Tambahan untuk Menemani Perjalanan
Bila kemacetan arus mudik tidak bisa dihindari, tentunya Anda akan merasa bosan dan ‘mati gaya’ saat berada di kendaraan. Karena itu, Anda sebaiknya mempersiapkan barang bawaan tambahan untuk menemani Anda selama perjalanan seperti power bank untuk gadget Anda agar tetap menyala, cemilan untuk membuat perut Anda tetap senang, buku bagi Anda yang suka membaca, atau mungkin Anda bisa nonton film misalnya dengan cara streaming menggunakan Netflix. Tinggal pilih saja! Siapkan juga kuota internet yang memadai, ya. 

6. Periksa Kembali Kondisi Rumah
Terakhir yang paling penting, periksa kembali kondisi rumah Anda sebelum pergi mudik. Pastikan semua sumber api, sumber listrik, dan sumber air sudah dimatikan agar lebih aman. Periksa juga apakah semua pintu dan jendela rumah Anda sudah terkunci rapat. Bila perlu, tinggalkan nomor telepon Anda ke satpam kompleks atau tetangga, sehingga bila ada keadaan darurat Anda akan mudah dihubungi. Selamat mudik!