Tuesday, July 23, 2019
People
People

Sanjung Sari Pursie Raih Sukses dari Hobinya

Spectr News Theme Isny Dewi R.
02, May 2019
480

Bukan rahasia lagi jika hobi bisa menjadi awal ladang bisnis untuk meraup keuntungan. Setidaknya itulah yang dialami oleh Sanjung Sari Pursie. Wanita berusia 28 tahun itu memulai bisnis yang diberi nama Sancraft dari hobi menggambar. Hobi ini ia kreasikan sesuai selera dengan kombinasi desain ikonik Indonesia sehingga menjadi produk yang bermanfaat dan bisa dipakai banyak orang.

Awalnya, Sanjung hobi menggambar doodle, lalu terlintas untuk menjadikan gambar tersebut sebagai sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain. Ia mengaku, usaha yang dilakoni sejak tahun 2010 ini awalnya hanya bisnis kecil-kecilan untuk mengisi waktu luang saat kuliahnya sudah memasuki semester akhir. Saat itu, ia mencoba memproduksi totebag lukis.

Sanjung tidak menyangka ada beberapa department store ternama yang tertarik dengan gambarnya. Sanjung yang semula tak paham mengenai bisnis tersebut. Namun adanya tawaran dari beberapa department store, membuatnya tertarik menjalin kemitraan dengan mereka.

Saat lulus kuliah, Sanjung mulai berpikir untuk memulai bisnisnya sendiri dari hobi menggambarnya. Dia pun mulai giat membuat lebih banyak produk selain totebag lukis. Apalagi, setelah ia memutuskan keluar dari perusahaan tempatnya bekerja untuk fokus menjalani bisnis.

Untuk memudahkan pekerjaannya, Sanjung mengubah lukisannya ke bentuk digital. Produk yang ia buat pun lebih bervariasi. Mulai dari postcard, greeting card, gantungan kunci, sticker pack, notebook, pouch, boneka bantal, artwork, hingga scarf. Sanjung membanderol produknya mulai dari Rp 12.000 hingga Rp 325.000.

Produk-produk tersebut lalu disuplai ke beberapa toko seperti alun-alun Grand Indonesia, Dialogue, dan 2madison. Tak sampai di situ, bisnisnya mulai merambah ke pasar internasional. Pihak kedutaan Azerbaijan pernah meminta Sancraft untuk mengisi acara kedutaan di sana. Sancraft juga pernah singgah di Jepang beberapa bulan lalu dan mendapatkan sambutan hangat. Sebagai merek lokal, momentum ini dia gunakan untuk memperkenalkan produk Indonesia melalui ikon unik ke mancanegara. Tak disangka, banyak orang asing yang suka dan tertarik, jadi ciri khas Indonesia lebih terangkat dengan cara yang menyenangkan.

Sanjung mengaku, modal awal bisnisnya hanya sekitar Rp 500.000. Kini, dia bisa meraup omzet hingga puluhan juta rupiah dalam sebulan berkat hobinya menggambar.

 

Instagram: @sancraftid

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration