< Tips

Sebelum Tidur, Hindari Melakukan 7 Hal Ini!

Sebelum Tidur, Hindari Melakukan 7 Hal Ini!

Tips

Jika Anda ingin memiliki waktu tidur yang berkualitas, bukan berarti hanya dengan tidur dengan waktu yang cukup, tidur Anda sudah berkualitas. Dilansir dari Tech Insider, ada 7 hal yang sebaiknya dihindari sebelum tidur agar waktu istirahat Anda tidak terganggu. Mau tahu apa saja? Simak artikel berikut!

1. Bermain Gadget
Memang sepertinya hal yang satu ini sulit dihindari, ya, mengingat gadget sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Namun sinar biru dan putih yang dipancarkan dari layar gadget dapat menghalangi otak dalam melepaskan hormon melatonin yang berfungsi sebagai ‘pemerintah’ tubuh untuk tidur. Kalau begitu, cobalah untuk membatasi penggunaan gadget ketika hari sudah malam. 

2. Minum Obat Tidur
Banyak orang berasumsi bahwa mereka membutuhkan obat tidur agar bisa tidur lebih nyenyak. Namun, tahukah Anda, bahwa sebenarnya menurut penelitian, obat tidur ini memiliki efek samping yang tidak baik, lho. Seperti misalnya nyeri otot hingga lupa ingatan. Nah, Anda tentunya tidak mau jika hal itu terjadi pada diri Anda, kan? Jadi kurangi penggunaan obat tidur dan beralihlah ke bahan-bahan yang lebih alami, ya! 

Photo source: http://www.pixabay.com

3. Mengonsumsi Minuman Beralkohol
Memang setelah mengonsumsi alkohol banyak orang akan merasa cepat ngantuk. Namun sebuah studi menunjukkan bahwa alkohol yang membuat cepat tidur tidak berarti akan membuat tidur Anda nyenyak. Anda kemungkinan akan terbangun beberapa kali saat tidur karena tubuh Anda terus berusaha untuk memproses alkohol yang dikonsumsi.

Akibat proses ini bukannya mendapatkan waktu tidur yang cukup, Anda malah akan merasa kelelahan akibat tubuh yang terus-menerus memproses alkohol. Waktu tidur Anda yang berkualitas tentu akan sayang jika terbuang, kan? 

4. Bekerja di Atas Tempat Tidur
Para ahli menyarankan tempat tidur sebaiknya dieksklusifkan hanya untuk tidur saja. Jika Anda terlalu banyak melakukan kegiatan di atas tempat tidur yang fungsi utamanya adalah sebagai tempat beristirahat, Anda mungkin akan mengalami sulit tidur. Apalagi jika sebelum tidur, Anda bekerja sambil berbaring di atas tempat tidur. Selain terkena paparan dari sinar gadget, keeksklusifan tempat tidur pun akan berkurang. 

Photo source: http://www.pixabay.com

5. Mengonsumi Makanan Berlemak
Ketika tidur, Anda akan mengalami salah satu tahapan tidur bernama REM (Rapid Eye Movement). Nah, ketika Anda mengonsumi makanan berlemak seperti junk food sebelum tidur, waktu REM Anda pada saat tidur akan berkurang dan tentunya hal itu tidak baik.

Jika Anda merasa lapar pada malam hari, cobalah untuk mengonsumsi gandum utuh dan protein seperti roti gandum dengan selai kacang. 

6. Mengonsumsi Kafein
Sebuah studi menemukan bahwa jika Anda mengonsumsi kafein seperti kopi sebanyak 600 ml setelah jam 5 sore, kafein tersebut akan mengganggu waktu tidur Anda.

Dibandingkan oleh seseorang yang tidak mengonsumsi kafein, seseorang yang mengonsumsi kafein akan kehilangan waktu tidurnya sebanyak satu jam. 

7. Berolahraga
Para ahli juga menganjurkan agar Anda menghindari berolahraga di malam hari. Karena pada saat berolahraga kardio, suhu tubuh akan meningkat yang bisa menyebabkan Anda susah tidur.

Jika Anda ingin berolahraga, cobalah untuk melakukan olahraga ringan seperti yoga atau pemanasan singkat.