< Recreation

Secuil Keindahan Bahari Jakarta di Pulau Tongkeng

Secuil Keindahan Bahari Jakarta di Pulau Tongkeng

Recreation

Jakarta tak hanya berisi ‘hutan beton’, kota metropolitan ini juga memiliki kawasan pesisir yang menawan. Gugusan pulau-pulau kecil yang tergabung dalam Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu ini memang sudah diketahui banyak orang dan dijadikan sebagai alternatif liburan bagi yang tidak ingin pergi jauh-jauh, namun tetap ingin menikmati keindahan alam yang memukau.

Ada satu pulau di Kepulauan Seribu yang mungkin masih asing di telinga Anda, Pulau Tongkeng. Pulau yang tidak begitu luas ini menjanjikan wisata bahari yang indah dan sangat bersih. Menurut laman resmi Direktori Pulau-Pulau Kecil Indonesia, Pulau Tongkeng merupakan pulau tak berpenghuni. Meski begitu, pulau ini masih masuk dalam Zona Pemanfaatan Wisata Taman Nasional, sehingga wisatawan baik lokal maupun mancanegara tetap dapat berlibur di sini.

Sama seperti pulau tak berpenghuni lainnya, kondisi alam Pulau Tongkeng masih alami dihiasi pepohonan seperti cemara laut, pohon kelapa, stigi, dan nyamplung, sedangkan hewan yang banyak ditemukan di sini adalah biawak dan burung kepondang.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Tongkeng, Anda bisa menyandarkan perahu sewaan di dermaga pulau yang terbuat dari kayu dan beton. Ada juga tempat istirahat dan sumber air tawar untuk menunjang kebutuhan Anda selama berlibur.


Photo Source: @purba_sosentono

Satu hal yang harus Anda lakukan di pulau mungil ini adalah snorkelling. Ada beberapa spot apik yang telah menanti Anda di sini. Warna-warni terumbu karang, ikan-ikan lucu yang berenang kesana-kemari, hingga bintang laut adalah pemandangan yang bisa Anda temui saat menyelami keindahan bawah lautnya. Berenang menikmati segar dan jernih air laut di sekitar Pulau Tongkeng juga tak kalah menyenangkan. Bagaimana? Tertarik berlibur ke Pulau Tongkeng?