Thursday, November 14, 2019
Street Food
Street Food

Segarnya Sayur Asem Joglo Bikin Ketagihan

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
14, October 2019
202

Bagi para penggemar sayur asem yang tinggal di kawasan Joglo dan sekitarnya, Anda harus menyempatkan diri mampir ke rumah makan khas Betawi satu ini untuk menikmati sepiring sayur asem segar nan lezat dengan sedikit rasa pedas.

Warung Sayur Asem Joglo yang dahulu dikenal dengan nama Warung Sayur Asem H. Matali ini menyajikan sayur asem yang kuahnya dijamin bikin ketagihan. Di dalam sebuah bangunan jadul yang hanya berlantaikan tanah ini terdapat etalase untuk memajang lauk pauk, serta kursi dan meja kayu memanjang. Warung ini cocok dikunjungi saat makan siang, sebab Warung Sayur Asem Joglo hanya buka hingga pukul 4 sore.

Sedikit berbeda dengan sayur asem dari daerah Jawa Barat, sayur asem khas Jakarta memiliki warna yang lebih bening karena tidak menggunakan terlalu banyak bumbu, namun memiliki isian lebih lengkap seperti potongan oncom dan pare.

Sayur asem racikan H. Matali berisi kacang panjang, nangka muda, daun dan buah melinjo serta kacang tanah. Rasanya memang tidak afdol menyantap sayur asem tanpa lauk pendamping. Anda bisa memilih ikan nila goreng, ikan asin, pepes tahu, petai goreng atau lalapan segar. Seporsi sayur asem hangat hanya dibanderol Rp10.000 (tanpa nasi). Sedangkan untuk lauknya dibanderol mulai Rp 10.000 hingga Rp 13.000 saja.

Warung Sayur Asem Joglo bisa dicapai dengan naik angkot C13 jurusan Kebon Jeruk – Ciledug dan turun di Jl. Sayur Asem, seberang Pangkalan Taksi Bluebird Joglo.

 

 

Top photo source: https://foursquare.com/v/sayur-asem-joglo/4bdcf389d71aa593cecf3329

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration