Thursday, December 12, 2019
Bisnis
Bisnis

Serba Serbi Buka Bisnis Tanpa Modal

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
21, November 2019
179

Bisa dibilang modal menjadi salah satu penghalang terbesar ketika Anda memutuskan untuk membuka bisnis sendiri. Hal tersebut yang membuat banyak orang enggan dan ragu untuk membuka usaha. Padahal, ada banyak sekali bisnis yang tidak memerlukan modal besar untuk menjalankannya. Berikut ulasannya.

Bisnis tanpa modal memerlukan kombinasi keterampilan, pemasaran dan kemauan yang tinggi agar dapat memperoleh keuntungan. Bisnis tanpa modal dengan kata lain menawarkan jasa, menjual kembali atau menciptakan sesuatu.

Sebagai contoh, yang pertama adalah menawarkan jasa, menjadi penulis atau penerjemah lepas merupakan usaha tanpa modal besar yang bisa Anda lakukan di rumah. Dalam menjalankan usaha ini, yang Anda butuhkan hanya laptop, koneksi internet, dan buku sebagai referensi jika Anda tidak dapat menemukannya di internet. Selain menambah penghasilan, lewat usaha ini Anda juga bisa mengembangkan kemampuan menulis dan menerjemahkan.

Kedua, menjual kembali, hal ini erat kaitannya dengan Anda yang suka berbelanja. Saat ini, sustainable fashion sedang marak diperbincangkan. Menjual pakaian yang masih layak (second hand) secara offline maupun online bisa Anda coba untuk meraup keuntungan. Untuk memulai bisnis ini, Anda tidak harus mengeluarkan banyak modal, cukup memilih pakaian yang masih berkualitas, tawarkan dengan harga terjangkau, dan jangan lupa gencar berpromosi.

Terakhir, menciptakan sesuatu. Tidak dapat dipungkiri jika Anda butuh modal untuk dapat menciptakan sesuatu hal terutama sebuah produk. Namun, nilai jualnya tentu akan lebih besar dibanding biaya pembuatannya. Sebagai contoh, Anda hobi memasak, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis kuliner. Makanan menjadi salah satu kebutuhan penting, Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk berjualan berbagai jenis masakan yang memang Anda kuasai untuk sarapan, makan siang maupun malam. Buat dalam kemasan yang praktis, mudah dinikmati di mana saja dan tentunya murah. Anda bisa menawarkan ke tetangga sekitar rumah atau secara online.

Dari ketiga jenis usaha tersebut, keuntungannya tentu bergantung pada cara Anda memasarkan, kualitas, dan harga produk. Mulai dari ide sederhana yang paling kecil namun masuk akal untuk dilakukan. meski menggunakan modal minim. Usahakan untuk tetap konsisten dalam menjalankannya agar usaha yang Anda pilih dapat berjalan dengan lancar. Selamat mencoba!

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration