< FYI

Serba-Serbi Ondel-Ondel   

Serba-Serbi Ondel-Ondel  

FYI

Tubuhnya yang tinggi, matanya yang membelalak serta pakaiannya yang warna-warni terkadang membuat Anda takut atau justru terhibur. Ya, ondel-ondel adalah boneka maskot asli Betawi yang kini kehadirannya hanya dapat dilihat di beberapa sudut kota Jakarta saja. Sebenarnya bagaimana cerita ondel-ondel tersebut lahir dan ada hingga kini?

Ondel-ondel terbuat dari bambu dengan riasan warna yang tebal dan rambut yang berasal dari ijuk. Biasanya ondel-ondel ditampilkan secara berpasangan dengan atribut yang persis seperti pria dan wanita sungguhan. Awalnya ondel-ondel adalah boneka yang digunakan untuk memuja arwah-arwah nenek moyang atau tokoh yang dihormati.

Di sisi lain, ondel-ondel juga merupakan representasi dari pengusir roh-roh jahat atau berbagai penyakit. Berbagai hal mistis pun sangat berkaitan erat dengan ondel-ondel. Dahulu para pemain ondel-ondel harus memberikan sesajen terlebih dahulu agar perayaan adat dapat berjalan lebih lancar.

Ondel-ondel tidak akan lengkap tanpa musik pengiring dalam berbagai jenis. Tehyan, tanjidor, gendang pencak Betawi, ningnong, gambang kromong, dan rebana ketimbung adalah jenis-jenis musik pengiring ondel-ondel. Kini ondel-ondel yang dimainkan di berbagai tempat hanya menjadi hiburan semata saja. Walaupun begitu penggunaannya pun tetap sama yaitu dengan disertai musik pengiring dan tari-tarian.