< FYI

Serba-Serbi Patung Pancoran

Serba-Serbi Patung Pancoran

FYI

Monumen yang satu ini sudah tak asing lagi bagi Anda yang sering melewati daerah Pancoran, Jakarta Selatan. Ada 10 fakta lho di balik monument ini. Simak artikel ini!

  1. Nama asli dari Patung Pancoran adalah Patung Dirgantara.
  2. Posisinya strategis sebagai pintu gerbang Jakarta untuk menyambut pendatang yang baru mendarat melalui Bandara Halim Perdanakusuma.
  3. Penggagas ide pembuatan patung ini merupakan Presiden Soekarno.
  4. Filosofi patung ini adalah manusia angkasa, dimaksudkan untuk menggambarkan semangat keberanian bangsa Indonesia untuk menjelajah angkasa melalui dunia dirgantara.
  5. Patung ini terbuat dari perunggu dan memiliki berat mencapai 11 ton.
  6. Tinggi dari patung ini adalah 11 meter dan tinggi kaki patung adalah 27 meter.
  7. Patung ini dirancang pada tahun 1964-1965 oleh Edhi Sunarso. Setelah sempat mengalami keterlambatan karena peristiwa G30SPKI, patung ini akhirnya selesai dibangun pada tahun 1966.
  8. Beragam mitos pun tersebar karena pose tangan patung yang menunjuk sesuatu. Ada yang berpendapat patung tersebut menunjuk pada kekayaan rahasia Bung Karno, ada juga yang berpendapat bahwa patung tersebut hanya menunjuk pada Pelabuhan Sunda Kelapa.
  9. Sampai sekarang, ternyata patung ini belum selesai. Jika dilihat dari dekat, patung ini masih memiliki banyak tambalan las yang menyambung satu bagian dengan bagian yang lain.
  10. Patung ini juga belum pernah diresmikan. Saat patung berbentuk seperti sekarang ini, Bung Karno yang memprakarsai patung ini telah meninggal.

Address

Tebet, Jakarta Selatan 12780, Indonesia


SEE MAP