< Technology

Siap-siap Tamagotchi Lahir Kembali

Siap-siap Tamagotchi Lahir Kembali

Technology

Anda yang menghabiskan masa kanak-kanak di era tahun 1990-an tentu akrab dengan mainan binatang peliharaan virtual berbentuk perangkat genggam berlayar LCD. Yup, apalagi kalau bukan Tamagotchi.

Seiring dengan tren nostalgia dekade 90-an yang sedang hits, perusahaan mainan Bandai America berniat memasarkan kembai Tamagotchi secara global. Rencananya Bandai akan menjualnya secara terbatas mulai 5 November 2017 mendatang. Harga yang dibanderol 15 dollar AS atau sekitar Rp 210.000,- per buah.

Sebelumnya, kantor pusat Bandai di Jepang telah lebih dulu mengumumkan akan merilis kembali produk Tamagotchi. Tak disangka, reaksi konsumen begitu antusias, sehingga Bandai memutuskan untuk turut menghadirkan kembali Tamagotchi di negara-negara lain.

Produk Tamagotchi yang lahir kembali ini berbentuk lebih kecil dibanding pendahulunya. Tapi rupa fisiknya yang serupa telur, lengkap dengan layar LCD monokrom untuk menampilkan sosok binatang peliharaan virtual, tetap dipertahankan.

Ada enam jenis Tamagotchi, masing-masing berisi binatang peliharaan yang berbeda. Untuk bermain, pengguna harus ‘mengurus’ peliharaan virtualnya dengan memberi makan, mengajak jalan-jalan, dan lain-lain menggunakan tombol yang sudah disediakan.

Selain Bandai, ada beberapa pabrikan lain yang merilis ulang produk keluaran tahun 90-an, di antaranya Nintendo dengan konsol game NES dan SNES Classic.