Tuesday, December 10, 2019
FYI
FYI

Siji Buat Kunjungan ke Museum Lebih Seru

Spectr News Theme Isny Dewi R.
03, October 2019
385

Kini ada cara asyik untuk menikmati berbagai koleksi di museum, dengan menggunakan aplikasi Siji. Siji merupakan platform pengenalan gambar tanpa penanda untuk ponsel pintar yang didesain untuk mengubah media, merek, dan produk dunia nyata menjadi pengalaman digital instan.

Melalui satu aplikasi gratis di ponsel pintar, Siji terbuka dalam mode kamera dan menjadi ‘lensa’ yang melalui objek-objek bermerek di dunia nyata, seperti iklan pers, papan iklan atau display ritel, logo, pengalaman interaktif termasuk augmented reality, tautan web, grafiti digital, permainan, kupon atau promosi penjualan.

Cara menggunakannya sangat mudah, Anda dapat memindai (scan) majalah, buku, poster, hingga bungkus produk yang memiliki tanda atau terdaftar di Siji. Bahkan koleksi-koleksi yang terdapat di Museum Perumusan Naskah Proklamasi serta Museum Seni Rupa dan Keramik sudah bisa Anda nikmati dengan aplikasi ini.

Anda cukup mengunduh aplikasi Siji, lalu sign up sebagai pengguna baru dan aplikasi tersebut sudah bisa Anda gunakan. Setelah itu, Anda bisa mengarahkan kamera ponsel pada koleksi yang memiliki tanda Siji, aplikasi akan langsung memindai koleksi tersebut dan hanya dalam waktu beberapa detik, Anda akan melihat video dan foto-foto yang menjelaskan tentang koleksi tersebut.

Dengan menggunakan aplikasi Siji, material apapun yang tadinya hanya berupa tulisan akan nampak seperti benar-benar hidup. Anda bisa melihatnya lengkap dengan gambar bergerak, bersuara, bahkan seperti muncul di hadapan Anda. Saat ini, Siji masih terpusat pada museum di wilayah Jakarta, antara lain Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Museum Kebangkitan Nasional, Museum Sumpah Pemuda, serta Diorama Telkomsel.

 

Top Photo Source: Twitter @SijiApps

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration