< Company

Pionir Produk Ready-to-Drink-Tea di Dunia

Pionir Produk Ready-to-Drink-Tea di Dunia

Company

62218840855

Nama produk Tehbotol Sosro pastinya sudah tak asing lagi di telinga Anda. Sebagai produk pertama yang sukses diproduksi dan dipasarkan oleh PT Sinar Sosro, produk ini kemudian memprakarsai munculnya produk minuman lain dari perusahaan ini seperti Fruit Tea, S-Tee, Tebs, Country Choice, dan Prim-a.

Jangan salah, daun teh yang digunakan untuk bahan baku produk PT Sinar Sosro ini spesial diambil dari perkebunan sendiri, lho, dengan nama perusahaan PT Agropangan Putra Mandiri.

Daun teh ini tak langsung digunakan, tapi diproses dulu menjadi teh kering oleh perusahaan PT Gunung Slamat, yang kemudian barulah digunakan untuk menghasilkan minuman teh dalam kemasan oleh PT Sinar Sosro.

Yup, ketiga nama perusahaan tersebut adalah perusahaan yang bernaung pada induk yang sama yaitu Rekso Group. Nah, bagaimana kisah perjalanan awal Tehbotol Sosro?

Berawal dari Keluarga Sosrodjojo tahun 1940 di kota Slawi, Jawa Tengah, yang memproduksi teh seduh dengan merek Teh Cap Botol. Di tahun 1965, keluarga Sosrodjojo mulai melebarkan sayap dengan melakukan strategi CICIP RASA (product sampling) ke beberapa pasar di Jakarta.

Awalnya, teh diseduh langsung di tempat untuk dibagikan ke orang-orang yang berada di pasar. Namun cara ini dirasa kurang efektif karena prosesnya lama dan hasil seduhan teh masih sangat panas dan membuat orang tak sabar menunggu untuk mencicipinya.

Cara lain pun dicoba, yakni dengan membawa langsung teh yang sebelumnya sudah diseduh dalam panci besar, kemudian dibawa ke pasar menggunakan mobil bak terbuka. Sayangnya, jalanan Jakarta saat itu belum sebagus sekarang sehingga banyak teh yang malah tumpah selama perjalanan.

Akhirnya, muncul ide untuk mengemas teh dalam botol yang sudah dibersihkan sehingga orang-orang yang ingin mencicipi bisa langsung menggenggam botol tersebut. Praktis! Tahun 1969, cara ini pun ditetapkan sebagai cara penjualan massal dengan merek Tehbotol Sosro, yakni kolaborasi nama antara merek Teh Cap Botol dan nama keluarga Sosrodjojo.

Photo source: http://www.sosro.com

Bertahun-tahun melakukan inovasi dan perubahan logo, akhirnya tahun 1974 menjadi tahun ditetapkannya logo dan bentuk botol Tehbotol Sosro yang sampai sekarang Anda kenal.

Produksinya pun sudah mulai menggunakan mesin berteknologi tinggi yang diimpor dari Jerman. Di tahun ini juga, PT Sinar Sosro resmi dibentuk dan juga sebagai pabrik teh siap minum dalam kemasan yang pertama di Indonesia dan dunia.

Anda tak perlu ragu lagi dengan kualitas produk Sosro. Dengan menjunjung prinsip menjaga 3K dan RL (Kualitas, Keamanan, Kesehatan dan Ramah Lingkungan), perusahaan ini telah mengantungi sertifikat ISO 9001:2008 untuk jaminan mutu produk, ISO 14000 untuk jaminan keamanan lingkungan, SNI, HACCP untuk jaminan keamanan pangan, dan pastinya sertifikat Halal dari MUI.

Penghargaan pun sudah banyak diraih oleh perusahaan ini, antara lain Top Brand Award untuk Tehbotol Sosro dan Fruit Tea dari majalah Marketing dan Frontier Consulting, Best Brand Platinum Award untuk Tehbotol Sosro dari SWA-MARS, dan Piagam APKLI Award 2012 untuk Jasa dan Kepedulian Dalam Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima.

Dengan total 13 pabrik di Indonesia dan lebih dari 150 kantor cabang penjualan, tak heran Anda bisa menemukan produk Sosro tak hanya di pelosok Indonesia tetapi juga sampai ke pasar internasional yang berjumlah kurang lebih 40 negara yang tersebar di benua Asia, Amerika, Eropa, Afrika, Australia dan Kepulauan Pasifik.

Address

Gedung Graha Sosro, Jl. Sultan Agung Km 28, Kelurahan Medan Satria, Bekasi 17132


Phone

62218840855


Fax

62218843319


SEE MAP