< Tips

Stres Kelola Uang? Atasi dengan 5 Tips Ini

Stres Kelola Uang? Atasi dengan 5 Tips Ini

Tips

Dalam hidup, stres seringkali menghampiri. Kebutuhan hidup yang terkadang tidak sesuai dengan penghasilan menyebabkan Anda merasa khawatir, cemas bahkan stres. Sebenarnya, stres baik untuk meningkatkan kemampuan tubuh seseorang untuk melepas hormon, namun tidak jarang tekanan tersebut dapat memengaruhi psikologis seseorang. Beragam hal dapat menyebabkan stres, salah satunya keuangan. Lima tips di bawah ini dapat Anda terapkan saat dilanda stres agar Anda dapat berpikir jernih saat mengelola keuangan.

1. Bercerita

photo source: pixabay.com

Terus menerus dilanda stres membuat tubuh seseorang menjadi lelah. Akibatnya sulit untuk berpikir jernih. Saat tidak dapat berpikir dengan jernih, seseorang cenderung mengalami kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain.

Padahal berkomunikasi dengan orang di sekitar dapat meringkankan beban yang Anda rasakan. Tidak perlu malu bercerita mengenai keadaan finansial Anda pada keluarga atau teman dekat. Tujuannya melatih diri Anda untuk lebih terbuka dengan orang lain mengenai permasalahan yang Anda hadapi sekaligus mendapatkan masukan yang bermanfaat.

2. Meditasi

photo source: pixabay.com

Tidak semua orang dapat membuka diri pada orang lain, terutama mengenai permasalahan pribadi. Bagi Anda yang mungkin mengalami kesulitan untuk bercerita, coba lakukan meditasi.

Selain berfungsi untuk menurunkan kadar hormon stres, meditasi juga dapat memperkuat pikiran dan batin. Dengan demikian, segala permasalahan, termasuk keuangan tidak mudah menggoyahkan pikiran dan batin Anda.

Tidak perlu pergi ke tempat khusus belajar meditasi, Anda dapat melakukannya sendiri di rumah dengan menguasai teknik-teknik dasar, seperti tempat dan waktu yang tepat agar tidak terganggu dengan apapun, posisi duduk sila dengan punggung tegak, mata terpejam sambil menempelkan ujung lidah di langit-langit mulut, berkonsentrasi pada pernapasan dan dilakukan secara bertahap.

3. Jalani hobi

photo source: pixabay.com

Lakukan kegiatan yang Anda sukai, seperti fotografi, melukis, membuat kue, ataupun menulis. Dengan menyibukkan diri Anda dalam berbagai kegiatan positif, kadar hormon stres, kortisol dalam tubuh akan berangsur-angsur menurun.

Dalam sejumlah penelitian, melakukan hobi atau kegiatan lain yang Anda senangi kurang lebih 45 menit hingga satu jam berfungsi sebagai proses relaksasi tubuh, sehingga beban stres yang dirasakan hilang sedikit demi sedikit dan mengembalikan konsentrasi Anda.

4. Olahraga

photo source: pixabay.com

Menurut Mental Health Foundation, olahraga yang dilakukan saat tidak merasa stres dapat meningkatkan kadar hormon endorfin, hormon bahagia. Olahraga yang dilakukan saat stres akan menekan kadar hormon kortisol (hormon stres) dan secara bersamaan dapat mengobati depresi. Jenis olahraga yang dianggap cukup ampuh untuk menghilangkan stres di antaranya berjalan kaki atau jogging selama 20 – 30 menit per hari, dan berenang.

5. Pelihara hewan

photo source: pixabay.com

Rasanya hampir semua pecinta hewan peliharaan setuju jika hewan-hewan menggemaskan menjadi tempat cuddling terbaik. Hal tersebut bukanlah tanpa sebab, menurut penelitian Virginia Commonwealth University, menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan dapat mengurangi stres.

Selain menurunkan tingkat stres, hewan peliharaan juga dapat membantu meningkatkan produktivitas pemiliknya. Jika tidak memungkinkan membawa hewan peliharaan Anda ke kantor, Anda dapat mengajaknya berolahraga, jalan-jalan santai di lingkungan rumah saat pagi atau sore hari.