Monday, April 06, 2020
Recreation
Recreation

Suaka Elang Loji, Wisata Alam Edukatif Berbasis Konservasi

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
12, March 2020
199

Bagi yang sering berwisata akhir pekan di kota Bogor, mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Suaka Elang Loji. Sesuai dengan namanya, Suaka Elang Loji bukan tempat wisata biasa. Dikelola oleh Resort Salak 1 Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Suaka Elang Loji merupakan wisata alam edukatif berbasis konservasi.

Di sini terdapat Pusat Suaka Satwa Elang Jawa (PSSEJ) dan camping ground. Elang yang ada di sini merupakan hasil dari penyerahan secara sukarela dan sitaan. Salah satu aktivitas rutin yang dilakukan di sini adalah pemeriksaan kesehatan (kondisi fisik) elang. Sedikitnya, ada tujuh jenis elang yang hidup dan berkembang di PSSEJ antara lain Elang Hitam, Elang Jawa, Elang Brontok, Elang Ular Bido, Elang Perut Karat, Elang Alap-alap Jambul, Elang Sikep Madua Asia.

 

photo source: https://www.instagram.com/pssej.tnghs/ 

Terdapat tiga kandang berbeda untuk merehabilitasi elang, baik hasil serahan masyarakat sekitar maupun sitaan, Kandang Transit, Kandang Rehabilitasi, dan Kandang Display. Pengunjung hanya diperbolehkan melihat elang yang ada di Kandang Display. Elang yang ada di Kandang Display merupakan elang yang tidak lagi dapat dilepasliarkan dengan berbagai alasan seperti cacat, (usia) tua, dan sebagainya.

 

photo source: https://www.instagram.com/pssej.tnghs/ 

Sambil didampingi petugas, Anda bisa mempelajari seluk beluk kehidupan elang-elang yang mendiami Kandang Display. Puas berkeliling PSSEJ, Anda bisa mengunjungi camping ground melewati jembatan gantung yang menjadi tempat favorit pengunjung untuk berswafoto.

Melewati jembatan gantung, Anda akan disambut dengan pemandangan hutan pinus yang rimbun dan indah. Semakin pagi datangnya, udaranya semakin segar. Fasilitas Suaka Elang Loji pun terbilang cukup memadai. Terdapat toilet, musala, tempat sampah dan papan petunjuk jalan yang jelas.

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration