< Tips

Suka Malas Olahraga? Ini 9 Tipsnya Agar Tetap Sehat!

Suka Malas Olahraga? Ini 9 Tipsnya Agar Tetap Sehat!

Tips

Banyak orang jarang berolahraga karena beberapa alasan. Baik itu karena malas, tidak punya waktu, atau memang tidak suka berolahraga. Apakah Anda salah satunya? Walaupun jarang berolahraga, tentu Anda masih harus menjaga diri agar tetap sehat. Bagaimana, ya, caranya agar tetap sehat walau tidak olahraga? Simak tipsnya di bawah ini!

 

1. Jadikan Rutinitas Sehari-hari Sebagai Olahraga
Untuk olahraga, Anda tak harus menyiapkan waktu khusus seperti mendaftar ke pusat kebugaran atau bangun di pagi hari untuk melakukan jogging. Anda bisa memanfaatkan aktivitas sehari-hari sebagai olahraga, lho.

 

Misalnya Anda yang berangkat ke kantor menggunakan kendaraan umum, perbanyaklah aktivitas berjalan seperti lebih memilih jalan kaki menuju kantor dari halte atau stasiun ketimbang melanjutkan perjalanan menggunakan bus atau angkutan kota. Atau bisa juga dengan menaiki tangga menuju lantai kantor Anda ketimbang menaiki lift. Tentunya sesuaikan juga dengan kemampuan Anda, ya.

 
Photo source: http://www.pixabay.com

2. Konsumsi Makanan Sehat
Bila memang tidak suka olahraga, Anda bisa membuat badan Anda fit dengan mengonsumsi banyak makanan sehat seperti buah dan sayur. Coba cari resep makanan sehat yang sekiranya masih bisa Anda makan. Banyak orang cenderung menghindari makanan sehat karena beranggapan rasanya yang aneh. Eits, ternyata banyak, lho, makanan sehat yang tetap bisa memanjakan lidah. Salah satunya adalah overnight oats yang bisa Anda konsumsi sebagai menu sarapan. 

 

3. Jangan Makan Terlalu Terburu-buru
Apakah Anda suka makan sambil melakukan aktivitas lain seperti menonton televisi atau membaca buku? Sebaiknya Anda hentikan kebiasaan ini karena hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan yakni mengganggu sistem pencernaan dan dapat menyebabkan penumpukan kalori. Sama halnya bila Anda makan dengan terburu-buru.

 

Bila Anda fokus makan dan dilakukan secara santai, risiko makan secara berlebihan akan dapat terhindari. Selain itu, tentu Anda juga dapat lebih menikmati makanan yang Anda santap, bukan?

 
Photo source: http://www.pixabay.com

4. Tidur yang Cukup
Bila pada dasarnya Anda sudah jarang berolahraga, Anda bisa menjaga kesehatan dengan mengatur jadwal tidur yang cukup. Hindari tidur kurang dari lima jam setiap harinya karena hal ini dapat mengganggu kesehatan Anda. Kurang tidur juga dapat membuat berat badan Anda mudah naik dan menambah risiko terkena penyakit jantung, lho.

 

5. Konsumsi Suplemen
Masih tidak bisa menjaga pola hidup yang sehat? Cara lainnya adalah dengan mengonsumsi suplemen. Mengonsumsi suplemen yang mengandung multivitamin kompleks seperti wheatgrass, spirulina, atau bee pollen bisa membantu Anda untuk menjaga kondisi kesehatan.

 
Photo source: http://www.pixabay.com

6. Membersihkan Rumah
Dengan membersihkan rumah, Anda bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus. Yakni pergerakan tubuh yang dapat membantu Anda tetap bugar dan juga tempat tinggal yang bersih. Praktis, kan? Tak jarang Anda pastinya berkeringat saat membersihkan rumah. Nah, hal ini juga dapat membantu Anda menjaga kesehatan ketika jarang berolahraga.

 

7. Selipkan Olahraga Singkat di Tengah Aktivitas
Skipping, sit up, dan push up adalah beberapa jenis olahraga kecil yang tentunya tetap memiliki manfaat untuk tubuh. Olahraga kecil ini bisa Anda lakukan di tengah aktivitas seperti sambil menonton televisi, saat bangun tidur, atau menjelang tidur. Cocok untuk Anda yang jarang punya waktu luang khusus untuk berolahraga.

 

Bagaimana? Masih punya alasan untuk tidak hidup sehat?