< FYI

Takjil yang Tepat Untuk Berbuka Puasa

Takjil yang Tepat Untuk Berbuka Puasa

FYI

Berpuasa menyebabkan kadar gula dalam tubuh menurun dan berpotensi mengalami dehidrasi ringan, sehingga tubuh pun menjadi lemas. Untuk itulah mengapa dianjurkan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang manis saat berbuka puasa, agar kadar gula kembali meningkat dan tubuh kembali bertenaga.

Namun, tidak bisa asal mengonsumsi yang manis saja, tapi juga harus yang sehat. Untuk itu, Anda disarankan memilih jus atau sari buah sebagai takjil. Selain itu, Anda juga dapat memilih kurma jika tidak ingin meminum jus buah. Pilihlah kurma yang masih segar dengan kulit yang keras. Kurma yang kulitnya keras memiliki kadar serat yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan.

Setelah berbuka puasa dengan makanan manis dan sehat, Anda bisa melakukan salat magrib terlebih dahulu sebelum melanjutkan menyantap makanan yang lebih berat. Menu untuk berbuka puasa harus sama lengkapnya dengan menu saat sahur, yakni mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, dan lemak.

Selesai makan, Anda bisa melanjutkan salat Tarawih. Tetapi begitu kembali ke rumah, Anda disarankan makan lagi untuk persediaan di esok hari. Semoga bermanfaat!