Wednesday, July 24, 2019
Recreation
Recreation

Ini Dia Museum Betawi Pertama di Jakarta

Spectr News Theme Isny Dewi R.
06, March 2019
795

Jika Anda bosan pergi ke mall untuk menghabiskan libur akhir pekan, ada alternatif seru yang bisa Anda jadikan pilihan untuk berlibur, mengunjungi Museum Taman Benyamin Sueb. Museum yang baru diresmikan September 2018 oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini berada di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur. Sebelumnya tempat ini merupakan eks Kodim Jatinegara yang kini telah disulap menjadi museum Betawi pertama di Jakarta.

Menurut Anies, Museum Taman Benyamin Sueb menjadi tempat penyimpanan koleksi dan memorabilia yang dulunya merupakan milik Benyamin Sueb, seniman asli Betawi. Koleksi tersebut sebelumnya disimpan keluarga. Anies berharap, dengan adanya museum ini, masyarakat dapat belajar mengenai budaya Betawi dan budaya asli Jakarta tersebut akan semakin dikenal.

Salah satu anak Benyamin Sueb, Biem Triani Sueb pun mengapresiasi dibangunnya museum tersebut dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendirikan Taman Benyamin Sueb.

Di dalam museum sendiri pengunjung tak hanya akan menemukan sejumlah foto dan lukisan Benyamin, tapi juga pakaian, poster film, dan piala penghargaan yang pernah diraih seniman legendaris Betawi tersebut. Di bagian belakang museum terdapat taman bermain dan masjid yang berhiaskan ornamen gigi balang khas Betawi.


Photo Source: @sahat_simarmata

Museum ini sendiri berkonsep terbuka untuk publik, siapa pun bisa mengisi, asal bertemakan kesenian dan kebudayaan. Meski merupakan pusat kebudayaan Betawi, namun Taman Benyamin Sueb dapat digunakan untuk kegiatan budaya lain. Bagi Anda yang ingin menggunakan museum ini sebagai lokasi acara, dapat mengajukan surat permohonan ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta atau Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration