Thursday, November 14, 2019
Recreation
Recreation

Taman Benyamin Sueb, Wadah Kreativitas Seni Budaya Betawi di Jakarta

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
17, October 2019
224

Saat mendengar kata Benyamin Sueb, hal pertama apa yang terlintas di dalam benak Anda? Benyamin Sueb atau yang juga dikenal dengan nama Bang Ben merupakan aktor, pelawak, penyanyi dan sutradara yang menelurkan lebih dari 75 album musik. Tidak hanya itu, lebih dari 53 judul film pernah ia bintangi, termasuk Si Doel Anak Betawi yang membuat namanya kian melambung.

Semasa hidupnya, Bang Ben ingin membangun wadah kreativitas seni dan budaya Betawi. September 2018 lalu, impian Bang Ben terwujud setelah diresmikannya Taman Benyamin Sueb oleh Gubernur Anies Baswedan.

Menempati kawasan bekas gedung Kodim 0505 di Jatinegara, Taman Benyamin Sueb diharapkan mampu menjadi pusat informasi seni dan budaya Betawi sekaligus ruang interaktif para seniman dan banyak komunitas di Jakarta.

Di dalam museum terdapat benda-benda peninggalan Bang Ben yang menceritakan perjalanan kariernya. Adapun barang yang dihibahkan untuk dikelola oleh pihak museum antara lain piagam, kaset, baju pentas termasuk sepatu dan jam tangan serta lukisan. Sementara bagian belakang (museum) kerap dijadikan lokasi pameran seni.

Kehadiran Taman Benyamin Sueb tentu menambah pilihan wisata seni dan budaya di Jakarta yang cocok Anda kunjungi di akhir pekan sambil menikmati kuliner yang ada di Jatinegara. Untuk berkunjung ke sini, Anda bisa menggunakan commuter line dan turun di Stasiun Jatinegara. Jika membawa kendaraan pribadi, parkiran Taman Benyamin Sueb bisa menampung 100 mobil dan lebih dari 100 motor. Masuknya gratis, tanpa dipungut biaya, yang penting selalu menjaga kebersihan di dalam maupun luar museum.

 

 

Top photo source: https://jakarta.tribunnews.com/

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration