Saturday, September 21, 2019
Recreation
Recreation

Taman Piknik Tempat Pembuangan Sampah Disulap Jadi Taman yang Indah

Spectr News Theme Isny Dewi R.
23, January 2019
939

Berada di Jalan Manunggal II, Cipinang Melayu, Jakarta Timur, hadir sebuah taman yang merupakan salah satu taman baru yang dibuka oleh Pemprov DKI Jakarta, bernama Taman Piknik. Taman ini hanya berjarak sekitar 1 km dari Jalan Raya Kalimalang.

Suasana asri terasa saat memasuki taman yang dihiasi berbagai macam tanaman. Terdapat tangga menuju taman utama yang cukup unik, karena di bawah tangga tersebut dibangun kolam retensi dan bioswale (penyaring polutan) sebagai tempat pengendalian air. Di area taman utama, Anda akan menemukan beberapa pohon tabebuya yang baru ditanam.

Tidak sulit mencari tempat duduk untuk beristirahat karena Taman Piknik juga dilengkapi tempat duduk yang terbuat dari beton. Umumnya pengunjung yang datang ke taman ini membawa keluarga. Terdapat area bermain anak-anak, namun belum banyak wahana permainan yang disediakan.

Taman Piknik cukup nyaman dikunjungi dan pemandangannya pun cukup indah. Taman di kawasan Kalimalang ini merupakan bagian dari program TMB (Taman Maju Bersama) yang memiliki fungsi utama ekologis sekaligus menambah estetika kota, serta ruang interaksi warga, dan tentunya murah meriah. Sebelum direvitalisasi menjadi Taman Piknik, kawasan ini merupakan sebuah lahan kosong yang biasa digunakan warga sekitar sebagai tempat pembuangan sampah.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration