Thursday, February 20, 2020
Recreation
Recreation

Taman Puring Kini Lebih Nyaman dan Menawan

Spectr News Theme Isny Dewi R.
23, January 2020
232

Dulu, jika mendengar nama Taman Puring, yang ada di benak pasti taman yang tak terawat dan terkesan menyeramkan. Tapi kini, setelah selesai direvitalisasi sejak Oktober 2019, Taman Puring memiliki ‘wajah baru’ yang lebih menawan dan nyaman. Warga Jakarta pun kini memiliki banyak pilihan untuk dapat menikmati udara segar di kota metropolitan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta baru saja merampungkan proyek revitalisasi taman yang terletak di Jalan Kyai Maja, Kebayoran Baru ini. Kini kondisinya pun berubah drastis. Sudah tidak ada lagi kesan ‘angker’ dan tak terawat. Bahkan Taman Puring kini menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang ramah anak dan disabilitas.

Selain menikmati udara sejuk dari pepohonan rindang yang tumbuh di taman, pengunjung juga dapat menggunakan berbagai fasilitas menyenangkan yang tersedia seperti jogging track, area bermain anak, bangku taman yang unik, skate park, hingga fasilitas untuk olahraga parkour. Selain itu, fasilitas lainnya seperti toilet, musola, area parkir, serta fasilitas untuk disabilitas turut melengkapi taman dekat halte Transjakarta Mayestik ini.


Photo Credit: Check In Jakarta doc.

Dengan tersedianya fasilitas yang cukup lengkap dan suasana yang nyaman untuk bersantai, Taman Puring pun bisa dikunjungi masyarakat dari berbagai usia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Meski begitu, masyarakat diharapkan dapat menjaga kebersihan taman dan tidak merusak fasilitas yang sudah disediakan.

Perlu diketahui, Taman Puring merupakan jenis taman grande, yakni taman berskala besar dengan lokasi di tengah kota, sehingga dapat difungsikan sebagai tempat retensi air. Taman ini berkonsep Fun Transit Park, yaitu tempat transit yang nyaman bagipejalan kaki karena terintegrasi dengan transportasi publik. Serta mendukung konsep ekologis (RTH), dilengkapi sarana bermain, dan dapat diakses siapa pun termasuk penyandang disabilitas.

 

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration