Tuesday, July 23, 2019
Community
Community

Taman Suropati Chamber, Komunitas Musik Taman Pertama di Indonesia

Spectr News Theme Isny Dewi R.
11, July 2019
184

Kata siapa belajar musik itu harus mengeluarkan banyak biaya? Jika Anda tertarik, Anda bisa bergabung ke komunitas musik satu ini. Dibentuk pada tahun 2007, Taman Suropati Chamber (TSC) merupakan sebuah komunitas musik dengan perhatian utama pada alat musik gesek seperti biola, selo, dan sejenisnya. Komunitas ini berdiri atas prakarsa dari seorang seniman musik yang sangat peduli akan dunia musik Tanah Air, Ages Dwi Harso atau yang biasa disapa dengan Mas Ages. Sesuai namanya, TSC bisa Anda temui di Taman Suropati, Jakarta Pusat.

Jika selama ini muncul stereotip bahwa memainkan alat musik seperti biola atau selo itu sulit. Selain karena biaya untuk mengikuti kursus yang mahal, juga diperlukan kemampuan seni dalam memainkan alat musik jenis ini. Namun, kehadiran Taman Suropati Chamber telah mengubah pandangan tersebut. TSC bukan hanya sebuah komunitas musik, tapi juga menjadi wadah untuk mempelajari alat musik gesek.

TSC sendiri terbagi menjadi beberapa kelas, di antaranya kelas bibit, kelas akar, kelas dahan, dan kelas ranting. Menurut Mas Ages, filosofinya adalah menyemai sesuatu dengan telaten dan rutin dari bibit hingga menjadi tumbuh dan berkembang. Taman Suropati Chamber juga menjadi komunitas musik taman pertama di Indonesia bahkan di dunia. Mas Ages membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin belajar musik bersama TSC.

 

Instagram: @tamansuropatichamber

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration