Thursday, June 27, 2019
Tips
Tips

Tanpa Disadari Anda sudah Berhemat dengan 5 Cara ini

Spectr News Theme Isny Dewi R.
04, April 2019
387

Berhemat bagi sebagian merupakan hal cukup sulit dilakukan. Kesulitan tersebut bisa karena penghasilan yang kecil, boros, hingga banyak cicilan yang harus dibayar tiap bulan. Meski begitu, ternyata ada banyak cara sederhana yang tanpa disadari membuat Anda telah berhemat. Seperti tujuh cara berikut ini:

1. Selalu Membandingkan Harga
Anda sering membandingkan harga sebelum membeli sesuatu. Tanpa disadari Anda sebenarnya sudah berhemat, karena dengan cara itu Anda pun tahu mana yang harganya lebih terjangkau. Ingat! Yang murah belum tentu murahan loh!

2. Menggunakan E-commerce
Sudah bukan rahasia lagi, belanja di situs e-commerce terbukti lebih murah. Banyak merek-merek terkemuka yang membuka toko online di situs e-commerce. Jadi Anda tak perlu takut akan kualitas barang yang ingin Anda beli. Tak hanya itu, situs e-commerce juga sering memberikan promo menarik seperi gratis ongkir, cashback, hingga diskon besar-besaran. Dengan belanja di situs e-commerce, Anda juga sudah berhemat. Namun jangan sampai lupa diri dan malah membuat Anda jadi boros!

3. Bawa Bekal
Cara ini juga merupakan bagian dari berhemat. Membeli makanan akan membuat Anda mengeluarkan uang minimal sekitar Rp 20.000 sehari, jika dikalikan sebulan maka Anda akan mengeluarkan sekitar Rp 600.000. Lain halnya, jika membawa bekal dari rumah. Anda memang tetap mengeluarkan uang untuk membeli bahan masakan, namun tidak banyak. Dan jika bahan-bahan tersebut masih sisa, Anda bisa menggunakannya untuk masak esok hari.

4. Belanja Bulanan
Untuk Anda yang rutin belanja bulanan, selamat! Anda tanpa disadari sudah melakukan penghematan. Selain hemat, cara belanja seperti ini juga membuat Anda lebih terarah. Anda tidak akan kebingungan jika tiba-tiba minyak goreng habis, karena Anda sudah menyetok semua kebutuhan sebelumnya.

5. Menghabiskan Lebih Banyak Waktu Luang di Rumah
Jangan takut dibilang kurang gaul karena lebih sering di rumah! Anda justru cerdas karena telah menghemat dengan cara ini. Hangout di luar rumah memang tidak salah, namun tidak perlu sering-sering, karena itu akan membuat Anda menjadi boros. Liburan di rumah tetap menyenangkan kok. Anda bisa menyaksikan film atau serial favorit, bermain dengan hewan peliharaan, atau tidur siang mungkin?

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration