Sunday, October 20, 2019
Recreation
Recreation

Tempat Terbaik Berburu Street Photography di Jakarta

Spectr News Theme Isny Dewi R.
17, July 2019
624

Street photography merupakan genre fotografi yang mulai populer sejak abad 19, namun kini kembali berkembang pesat berkat hadirnya Instagram, kamera digital dengan berbagai fitur canggiih yang bisa didapat dengan harga yang tak terlalu mahal, juga smartphone dengan fitur kamera mumpuni. Di Instagram sendiri kini semakin banyak akun-akun yang memajang jepretan-jepretan aduhai dari para streeter (sebutan untuk para pelaku street photography).  

Sebagai ibu kota, Jakarta dipenuhi warna-warni sosial yang sangat cocok diabadikan dalam bidikan lensa. Bagi Anda yang tertarik menggeluti genre ini atau sekadar ingin mencobanya, berikut tiga tempat di Jakarta yang cocok untuk berburu street photography.

1. Stasiun MRT Blok A
Spot satu ini tengah menjadi buah bibir di kalangan streeter Jakarta. Tak jarang, saat malam hari banyak streeter yang mulai beraksi untuk mendapatkan gambar terbaik mereka di kawasan ini. Sekilas memang tidak ada yang istimewa dari tempat ini. Tapi jika diperhatikan baik-baik, Anda akan menemukan view yang mengagumkan.

Nampak sebuah lorong tangga dengan papan bertuliskan Blok A. Lorong ini merupakan akses menuju stasiun MRT Blok A yang dibangun di atas Jalan Panglima Polim. Bangunan stasiun MRT yang rapi dan elegan, nampak kontras dengan pemandangan yang agak semerawut di sebelahnya, berupa deretan ruko dan kabel yang malang melintang tak beraturan. Hasil jepretan Anda di sini akan semakin ciamik jika diambil saat malam hari dan terdapat orang yang lalu-lalang di kawasan ini.

Stasiun Blok A
Alamat: Jl. Panglima Polim No.143, Pulo, Kby. Baru, Jakarta Selatan

2. Pelican Crossing Depan Plaza Indonesia


Photo Source: Check In Jakarta doc.

Kawasan ini juga menjadi salah satu spot favorit bagi pemburu street photography. Memotret para pejalan kaki yang sedang menyeberang di pelican crossing dengan latar belakang halte Transjakarta Bundaran HI dan gedung-gedung tinggi di Jalan Thamrin membuat bidikan Anda menakjubkan. Foto akan semakin bagus jika Anda mengambilnya saat sore menjelang malam, di mana langit nampak cantik dengan kombinasi warna biru dan jingga.

3. Pelabuhan Sunda Kelapa


Photo Source: @explore_jakarta

Sejak hobi fotografi semakin menjamur, Pelabuhan Sunda Kelapa turut menjadi spot foto favorit bagi para fotografer. Waktu terbaik berburu foto di pelabuhan yang sangat bersejarah ini adalah sore hari. Alasannya, pada sore hari, debu-debu di pelabuhan tidak begitu mengganggu. Sebab, angin tidak begitu kencang saat sore hari. Selain itu, langit jingga akan menciptakan nuansa dramatis pada foto. Anda dapat memotret aktivitas awak kapal jika masih ada. Bisa juga memotret turis-turis yang sedang mengagumi pelabuhan ini atau anak-anak kecil yang sedang bermain dengan latar belakang kapal-kapal besar dan langit jingga yang mempesona.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration