< FYI

Ternyata Ini 5 Benda yang Bisa Jadi Sarang Kuman

Ternyata Ini 5 Benda yang Bisa Jadi Sarang Kuman

FYI

Tahukah Anda jika kuman dapat berkembang di banyak benda yang terlihat bersih? Tempat atau benda yang lembap menjadi media utama kuman untuk tumbuh dan berkembang. Berikut, daftar benda yang Anda gunakan sehari-hari dan bisa menjadi sarang kuman jika tidak dibersihkan secara rutin.

1. Bantal

photo source: pixabay.com

Menurut penelitian, sepertiga berat bantal merupakan kulit mati, kutu dan bakteri. Robekan dan bekas air mata menjadi media utama kuman dapat masuk ke dalam bantal. Bakteri E. coli yang berkembang dalam bantal dapat menyebabkan alergi hingga infeksi. Sebaiknya ganti sarung bantal setiap 2 hari sekali dan jemur atau cuci bantai setiap satu minggu sekali.

2. Handuk

photo source: pixabay.com

Tidak jauh berbeda dengan bantal, handuk merupakan tempat yang ideal untuk kuman berkembang. Semakin sering digunakan, handuk semakin lembap dan menyebabkan kuman, bakteri dan mikroorganisme lain berkembang. Cara mudah untuk melindungi tubuh dari banyaknya kuman dan bakteri yang berkembang biak pada handuk adalah dengan mencuci handuk satu minggu sekali dengan air panas dan menjemurnya di bawah sinar matahari.

3. Tutup Sikat Gigi

photo source: pixabay.com

Tidak sedikit orang memilih menggunakan tutup sikat gigi untuk melindungi sikat gigi yang digunakan dari kontaminasi bakteri. Padahal, tutup sikat gigi membuat bulu sikat gigi menjadi lembap. Akibatnya, bakteri Coliform akan bersarang dan berkembang dalam sikat gigi yang Anda gunakan. Sebaiknya, sikat gigi diletakkan dalam cangkir atau digantung di tempat terbuka agar terkena udara dan tidak lembap. Selain itu, pastikan untuk rutin mengganti sikat gigi maksimal 4 bulan sekali.

4. Ponsel

photo source: pixabay.com

Bakteri E. coli merupakan satu dari banyak bakteri yang senantiasa bersarang di ponsel Anda. Bahkan, jumlah bakteri pada ponsel 10 kali lebih banyak daripada toilet. Bakteri yang ada di layar ponsel dapat berpindah tempat dengan cara menempel pada kulit, seperti saat Anda menelpon. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk membersihkan layar ponsel setiap hari dengan kain microfiber

5. Keyboard dan Mouse

photo source: pixabay.com

Selain ponsel yang senantiasa Anda gunakan setiap saat, keyboard komputer atau laptop dan mouse juga memiliki kuman yang jumlahnya jauh lebih banyak daripada kuman di toilet. Kuman yang tak kasat mata tersebut dapat menyebabkan penyakit seperti radang tenggorokan, flu dan batuk. Itu sebabnya, Anda wajib membersihkan keyboard komputer atau laptop setidaknya satu minggu sekali. Selain itu, Anda disarankan untuk mencuci tangan setelah melakukan kontak dengan keyboard komputer atau laptop dan mouse