< Tips

Tetap Sehat di Kantor dengan 3 Cara Sederhana Ini

Tetap Sehat di Kantor dengan 3 Cara Sederhana Ini

Tips

Ada banyak cara yang dapat dilakukan seorang pekerja aktif untuk memiliki tubuh sehat agar produktivitas kerja tetap terjaga. Pasalnya, bekerja selama 8 hingga 10 jam sehari dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan di kemudian hari jika tidak diimbangi dengan kondisi tubuh yang fit. Berikut tips yang dapat Anda lakukan agar tetap sehat meski seharian di kantor.

1. Jangan Tunda Makan

Ternyata menunda makan bisa jadi kebiasaan buruk yang meningkatkan risiko sulit berkonsentrasi, pusing, mudah lelah bahkan radang lambung. Dengan makan tepat waktu, gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh senantiasa terjaga. Usahakan untuk memiliki jam makan yang sama setiap harinya sehingga tubuh tahu kapan saja ia mendapat asupan makanan. Misal, sarapan di jam 9 pagi, makan siang di jam 12 siang, camilan di jam 3 atau 4 sore dan makan malam sebelum jam 8.

2. Ganti Camilan Tidak Sehat dengan Buah

Meski disarankan untuk ngemil 4 jam setelah makan siang, bukan berarti Anda bebas memilih camilan apapun untuk meredakan rasa lapar. Agar kenyang lebih lama, Anda dapat mengganti camilan tidak sehat seperti gorengan dengan buah-buahan. Namun, tidak semua buah-buahan cocok dimakan sebagai camilan, ada beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi sebagai camilan sore, seperti papaya yang mengandung lycopene, sejenis antioksidan yang baik untuk tubuh, mangga yang mengandung vitamin C cukup tinggi, melon dengan kadar air cukup tinggi, apel dan pisang.

3. Istirahat

Selama berada di kantor, Anda mungkin bisa duduk dengan posisi yang sama dalam waktu lama. Jika begitu, jangan malas untuk meregangkan tubuh, terutama tangan dan kaki. Misal, setiap 30 menit sekali, lakukan stretching ringan selama beberapa detik. Di samping itu, penting untuk sesekali mengistirahatkan mata dari layar komputer dengan cara sederhana seperti memejamkan mata selama beberapa saat, cukup 5 – 10 menit.