Wednesday, November 13, 2019
Shopping
Shopping

The Bulkstore & Co, Toko Curah Ramah Lingkungan

Spectr News Theme Isny Dewi R.
02, July 2019

Begitu masuk ke toko satu ini, wangi bunga-bungaan seketika menyeruak. Nampak toples-toples kaca berjejer rapi di rak setinggi sekitar tiga meter. Di bagian kanan, terdapat meja kasir sekaligus jajaran toples kaca kosong dan botol plastik dengan berbagai ukuran. Rak di sebelahnya juga nampak ramai oleh deretan toples, jerigen dan produk perawatan kulit. Toko bernama The Bulkstore & Co ini semakin menarik karena di sini Anda tidak akan menemukan sampah plastik sedikit pun.

Toko yang terletak di Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat ini menjual berbagai kebutuhan sehari-hari serba curah, seperti bumbu masak, bahan pangan, sabun, hingga peralatan rumah tangga yang ramah lingkungan. Semua itu dikelompokkan sesuai dengan jenisnya seperti super food (spirulina bubuk), aneka kacang (kacang almond, kacang mede, kacang merah, chickpea), whole grains (lentils, jali kering/dried barley, quinoa), teh hitam, serta garam dan gula (sea salt, pink himalayan sea salt, coconut sugar).

Di sini, Anda juga dapat memborong makanan ringan, cokelat, biji kopi, produk perawatan tubuh (deodoran, sabun mandi, minyak aroma terapi/essential oil, body scrub), produk kerajinan tangan, serta produk peralatan rumah tangga seperti cobek, ulekan, sikat baju, sikat gigi, sedotan stainless steel, menstrual cup, serta wadah yang terbuat dari anyaman.

Yang membedakan The Bulkstore dengan toko curah lain adalah tidak tersedianya wadah plastik. Setiap kali datang, staf toko akan menyambut Anda dengan pertanyaan “bawa wadah sendiri?” Maklum saja, karena ini adalah toko ramah lingkungan. Untuk berbelanja di toko ini, Anda harus membawa wadah sendiri.


Photo Source: 
@thebulkstorenco

Tapi bagaimana kalau Anda tidak punya atau tidak membawa wadah sendiri? Jangan khawatir! Alih-alih menggunakan plastik, The Bulkstore menawarkan toples kaca atau kantong berbahan dasar singkong. Ukurannya beragam, mulai dari toples mini sebesar tomat hingga toples besar yang muat untuk beras kiloan. Tak ayal, banyak pembeli yang menyukai toples kaca berukuran mini, karena selain praktis, bentuknya pun lucu. Untuk toples paling kecil, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 8.000 saja.

Salah satu produk yang cukup menarik di sini adalah sabun cuci untuk berbagai keperluan. Sabun dengan merek Aquila ini bisa digunakan untuk mencuci baju dan peralatan makan. Wow! Sabun dijual per gram. Staf toko akan memompa sabun cair ke dalam botol bekas air minum, lalu menimbangnya dengan timbangan digital. Hasil pengukuran ditulis di selotip kertas dan ditempel pada leher botol. Jangan khawatir! Anda hanya akan membayar isian wadahnya saja.

Untuk Anda yang hobi memanjakan kulit, patut mencoba scrub garam dengan berbagai aroma, bamboo charcoal, pink rosella dan ocean breeze dengan harga mulai Rp 750 per gram. Cari camilan? Anda bisa membeli Pumpberry Cookies (Rp 200 per gram) yang dibuat tanpa bahan pengawet, tambahan susu, dan tidak mengandung gluten.

The Bulkstore & Co lahir untuk memperkenalkan gaya hidup sehat, baik untuk manusia maupun untuk bumi. Implementasinya ada pada konsep toko yang tidak mengemas produk dengan plastik, produk serba alami tanpa campuran bahan kimia berbahaya, dan 95% produk berbasis nabati. Selain itu, toko ini juga mengusung produk lokal demi tanah, ekosistem, dan petani, serta menambah keberagaman produk hasil pertanian dan kerajinan.

 

Instagram: @thebulkstorenco

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration