< Tips

5 Tip Menggunakan Angkutan Umum di Jakarta   

5 Tip Menggunakan Angkutan Umum di Jakarta  

Tips

Banyak angkutan umum di Jakarta memang diakui tidak memiliki pelayanan dan fasilitas yang memadai. Apalagi dengan isu berbagai kejadian tidak menyenangkan di dalamnya pasti akan membuat Anda ragu untuk menggunakan angkutan. Tetapi dengan beberapa tip berikut, Anda dapat merasa lebih aman dan nyaman.

  1. Hindari Telepon Genggam
    Untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan seperti memancing keinginan orang lain untuk memiliki barang berharga Anda, lebih baik untuk tidak menggunakan telepon genggam selama di angkutan umum. Dan apabila telepon genggam Anda memiliki ukuran yang besar, sebaiknya tidak ditaruh di dalam saku celana tetapi di dalam tas yang memiliki tempat khusus menyimpan telepon genggam.
  1. Berpakaian Sederhana
    Menggunakan perhiasan atau mengenakan baju yang terlihat mewah hanya akan memperlihatkan status sosial yang tinggi. Hal tersebutlah yang dapat membuat kriminalitas terjadi. Cobalah untuk berpakaian lebih sederhana agar tidak memunculkan keinginan para penjahat “menggeledah” Anda.
  1. Tanamkan Kesabaran dan Toleransi
    Kepadatan masyarakat yang menggunakan transportasi umum bisa saja memancing emosi Anda atau orang lain menjadi tidak terkontrol. Daripada memicu keributan yang dapat berakibat fatal, lebih baik menanamkan kesabaran dan toleransi. Salah satu contoh sederhana adalah dengan mengucapkan kata “maaf” dan terimakasih pada orang lain di angkutan ketika dibutuhkan.
  1. Cepat Tanggap
    Menjadi bagian dari Jakarta berarti menjadi seseorang yang cepat tanggap dan waspada. Pelajarilah suasana sekitar Anda dan cepatlah menanggapi suatu hal yang Anda asumsikan mengacu pada hal yang tidak baik. Semisal ketika Anda melihat seseorang di dalam angkutan berusaha memicu keributan, cepatlah turun dari angkutan, jangan melanjutkan perjalanan dengan angkutan tersebut.
  1. Jangan Gunakan Kendaraan Umum Larut Malam
    Kriminalitas yang cukup tinggi di Jakarta memang harus diwaspadai dengan cermat dan tepat. Salah satunya adalah dengan tidak menggunakan angkutan umum larut malam. Jika Anda terpaksa untuk melakukannya, gunakan taksi yang terpercaya. Jangan lupa untuk menyimpan nomor pintu taksi dan memberitahu kerabat. Atau telepon call center salah satu perusahaan taksi agar lebih aman.