Monday, May 27, 2019
Tips
Tips

Tips Agar Acara Bukber Berlangsung Seru

Spectr News Theme Isny Dewi R.
09, May 2019
179

Salah satu kegiatan yang pasti ada saat bulan Ramadan adalah acara buka puasa bersama atau yang biasanya disebut bukber. Anda tentu menginginkan acara bukber yang Anda buat atau Anda datangi lebih dari sekadar acara kumpul-kumpul biasa. Agar acara bukber berlangsung seru dan berkesan, cobalah tips berikut ini!

1. Tentukan Hari yang Tepat
Anda dan teman-teman pasti memiliki kesibukan masing-masing. Dan biasanya, kesibukan itulah yang membuat Anda dan teman-teman sulit untuk berkumpul. Sepakati hari di mana Anda dan semua teman-teman Anda sedang tidak acara lain, sehingga bisa menyempatkan diri hadir ke acara bukber dan tidak ada satupun yang absen.

Waktu yang tepat untuk bukber adalah minggu kedua dan ketiga. Karena di minggu pertama, orang-orang cenderung ingin buka puasa di rumah bersama keluarga, sedangkan di minggu terakhir banyak yang sudah mulai mudik.

2. Pilih Tempat yang Tepat
Jika Anda bukber dengan jumlah orang yang tidak terlalu banyak, seperti di bawah 10 orang, Anda bisa memilih kafe atau restoran. Tapi tentu waktunya terbatas, apalagi jika tempat tersebut sudah sangat populer, karena banyak pengunjung yang datang. Jika ingin lebih nyaman dan puas, bukber di rumah bisa menjadi alternatif. Anda dan teman-teman bisa patungan membeli makanan atau memasaknya bersama-sama atau bisa juga menggunakan sistem potluck (membawa masakan sendiri dari rumah).

3. Liwetan
Momen bukber di rumah akan semakin seru dengan liwetan, yakni cara makan tradisional di mana semua orang menyantap nasi dengan berbagai lauk di atas beberapa helai daun pisang yang sama. Momen kebersamaan pun lebih terasa dengan liwetan.

4. Tukar Kado
Agar lebih seru dan berkesan, Anda bisa menambahkan acara tukar kado. Toh salah satu keutamaan bulan Ramadan adalah saling memberi, bukan? Tak perlu memberikan kado yang harganya mahal, Anda dan teman-teman bisa membatasi harga kado maksimal Rp 50.000.

5. Nostalgia
Jika Anda bukber dengan kawan lama yang sudah lama tidak berjumpa, tentu paling asyik membahas masa lalu yang pernah Anda dan teman-teman Anda lewati. Biasanya, saat nostalgia ini suasana akan semakin ramai, gelak tawa saling bersahut-sahutan. Ya, mengenang masa-masa saat dulu masih bersusah-payah bersama memang sangat menyenangkan.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration