< Tips

Tips Agar Dapat Tetap Fokus dalam Bekerja

Tips Agar Dapat Tetap Fokus dalam Bekerja

Tips

Saat bekerja, pasti ada saja gangguan baik kecil maupun besar yang memaksa Anda menghentikan pekerjaan Anda sejenak. Kemudian saat ingin kembali bekerja, konsentrasi Anda sudah terganggu sehingga fokus bekerja pun dapat hilang. Apakah hal ini sering terjadi pada Anda? Jangan khawatir, Check In Jakarta akan membagikan tips agar dapat tetap fokus dalam bekerja di bawah ini!

 

1. Buat To-do List
Hal pertama yang paling penting saat melakukan pekerjaan adalah membuat to-do list. Buatlah daftar berisi pekerjaan apa yang harus Anda lakukan lengkap dengan tingkat prioritas dari tiap pekerjaan. Hal ini berguna untuk membantu Anda menentukan mana pekerjaan yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

 

Jangan lupa sertakan juga deadline kapan setiap pekerjaan harus diselesaikan dan tandai pekerjaan yang sudah selesai. Bila Anda sudah terbiasa membuat to-do list seperti ini, nantinya pekerjaan Anda dapat terselesaikan dengan rapi dan tidak ada yang terlewat.

 

2. Atur Notifikasi Gadget
Notifikasi dari gadget terkadang bisa mengganggu konsentrasi pekerjaan. Oleh karena itu, Anda bisa mengatur notifikasi mana saja yang memang penting untuk dinyalakan saat bekerja. Memutus semua notifikasi saat bekerja juga sebaiknya dihindari mengingat fungsi gadget untuk berkomunikasi dengan kolega atau keluarga tentu diperlukan, bukan?

 
Photo source: Pixabay

 

3. Hindari Multitasking
Stanford University telah melakukan penelitian terhadap dua kelompok mahasiswa, di mana kelompok satu diminta untuk melakukan tiga kegiatan sekaligus dan kelompok dua hanya melakukan satu kegiatan dalam waktu yang sama. Kemudian kedua kelompok mahasiswa tersebut diberikan tes memori, hasilnya kelompok dua terbukti dapat bekerja lebih baik daripada kelompok satu.

 

Eksperimen ini membuktikan bahwa tidak selamanya multitasking adalah kegiatan yang efisien. Memang multitasking akan lebih menyingkat waktu bekerja, namun fokus Anda yang terpecah akan membuat tiap pekerjaan yang Anda lakukan kurang maksimal. So, mulailah fokus untuk menyelesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu sebelum memulai yang lain agar Anda mendapatkan hasil yang lebih efektif.

 

4. Dengarkan Musik Favorit
Bekerja sambil mendengarkan musik favorit dapat membuat Anda terhindar dari stres yang berlebihan. Musik favorit yang mengiringi akan membuat Anda semangat untuk melakukan pekerjaan. Bila Anda ingin lebih fokus dalam mengerjakan pekerjaan, cobalah untuk mendengarkan musik instrumental. Musik ini dipercaya dapat menenangkan pikiran, lho.

 Photo source: Pixabay

5. Istirahat Sejenak
Kalau Anda merasa pekerjaan sudah terlalu menumpuk dan Anda susah untuk berkonsentrasi, istirahatlah sejenak. Ambil waktu sekitar 15 menit untuk berjalan-jalan sekitar meja kerja atau menuju pantry sekaligus mengambil minuman yang dapat menyegarkan. Lihatlah pemandangan ke luar kantor yang dapat menyegarkan pikiran Anda sejenak. Setelah pikiran Anda tenang, Anda bisa kembali fokus untuk bekerja. Selamat mencoba!