Sunday, October 20, 2019
Tips
Tips

Tips Agar Foto Traveling Lebih Memukau

Spectr News Theme Isny Dewi R.
06, September 2019
274

Jika Anda pernah melihat seseorang di Instagram dan bertanya-tanya bagaimana mereka bisa mendapatkan foto traveling yang mengagumkan, itu mungkin karena mereka menggunakan alat yang tepat untuk meningkatkan foto mereka. Dan Anda tidak harus menjadi seorang fotografer profesional untuk bisa mendapatkannya. Berikut tips dari para traveler kawakan untuk mendapatkan jepretan terbaik, baik menggunakan smartphone atau kamera yang lebih canggih.

1. Lensa Tambahan Kamera Smartphone
Cara paling sederhana untuk mengubah ponsel cerdas Anda menjadi kamera yang lebih baik adalah dengan menambahkan lensa. Seperti lensa wide yang dapat menangkap gambar lebih lebar dibanding menggunakan lensa bawaan. Aukey clip-on menawarkan lensa dengan harga terjangkau dan mencakup banyak opsi, seperti lensa wide-angle, fish eye, dan lensa makro yang dapat mempertajam bidikan close-up. Ada beberapa opsi untuk semua jenis ponsel, dari yang mudah clip-on (biasanya lebih murah) hingga yang terpasang lebih aman menggunakan case khusus.

2. Pengaturan Tersembunyi Kamera Smartphone
Anda mungkin tahu “rule of thirds”, tetapi apakah Anda sudah menerapkannya dengan benar? Aktifkan grid di kamera smartphone Anda, yang pada beberapa ponsel juga dapat menunjukkan apakah kamera ponsel Anda datar atau tidak saat memotret sesuatu. Jika Anda berinvestasi pada ponsel yang lebih mewah, kemungkinan besar ia juga memiliki beberapa pengaturan foto lanjutan yang tersedia di pengaturan kamera. Pada iPhone Plus yang lebih besar atau model yang lebih baru, misalnya, memiliki mode potret dan kemampuan pengeditan cahaya yang sudah disetel sebelumnya sehingga membuat gambar yang terlihat sangat profesional.

Pada sebagian besar ponsel, Anda juga dapat menyesuaikan pencahayaan foto sebelum memotret dengan mengetuk titik fokus dan menambah atau mengurangi eksposur. Jika ingin mengambil action shot, Anda bisa memotret menggunakan mode burst untuk menangkap lebih dari satu gambar. "Langsung" video images juga memberi Anda keuntungan memilih dari koleksi bingkai, untuk berjaga-jaga jika ada bidikan yang lebih baik tepat setelah Anda menekan tombol. Pengguna iPhone juga dapat membuat efek eksposur lama dengan Live Photos dengan memilih “Effects'” di aplikasi kamera bawaan ponsel.

3. Gunakan Aplikasi Edit Foto
Bahkan dengan lensa yang bagus dan sudut yang tepat, foto mentah yang Anda ambil biasanya bukan yang terbaik. Kamera dirancang untuk menangkap detail sebanyak mungkin, sehingga foto Anda bisa terlihat lebih datar, lebih berwarna, daripada apa yang Anda lihat sendiri kehidupan nyata.

Edit lah dengan aplikasi edit foto gratis seperti Adobe Lightroom (tersedia untuk iOS dan Android) akan memudahkan untuk mengubah gambar Anda menjadi foto traveling yang ciamik. Sebagian besar gambar mendapat manfaat dari sedikit penyesuaian cahaya, dan aplikasi pengeditan yang lebih canggih akan mencakup serangkaian opsi untuk Anda mainkan, mulai dari tools highlight dan bayangan hingga ketajaman, kehangatan, dan vibes.

Saat Anda mengunduh Lightroom, aplikasi ini menyediakan tur pengantar tentang pengaturannya, yang dapat mengajarkan Anda apa arti semua istilah itu dan bagaimana Anda harus menyesuaikannya.

4. Bawa Mirrorless
Mempertimbangkan sesuatu yang lebih dari sekadar smartphone, tetapi ragu karena akan memenuhi tas Anda? Kamera yang tepat untuk menemani traveling Anda tidak perlu kamera DSLR profesional. Anda bisa membawa mirrorless yang lebih ringan dan mudah dibawa ke mana-mana.

5. Bawa Drone yang Praktis
Anda mungkin telah melihat cukup banyak gambar bird’s-eye di media sosial, foto dan video drone memberikan pandangan baru tentang dunia. Dan Anda mungkin akan terkejut betapa mudahnya untuk mengambil bagian dalam tren populer ini. Teknologi Drone telah bergerak cukup cepat dalam beberapa tahun terakhir sehingga drone sekarang relatif terjangkau untuk para traveler. Jika Anda tidak yakin untuk mengemasnya, pilih lah drone harga terjangkau dengan ukuran cukup kecil dan pas di tangan Anda. Selamat liburan!

 

Top Photo Source: pixabay.com/users/free-photos-242387

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration