Tuesday, September 17, 2019
Tips
Tips

Tips Agar Tak Kalap Belanja di Supermarket

Spectr News Theme Isny Dewi R.
04, July 2019
398

Siapa yang tidak suka berbelanja di supermarket? Apa saja yang Anda butuhkan semuanya ada di sini. Namun, karena itu pula lah, kita jadi sulit menahan diri dan malah membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Anda baru menyesal saat melihat total belanja bulanan yang membengkak dari yang seharusnya. Dikutip dari Reader's Digest, berikut tips agar Anda tidak kalap saat berbelanja di supermarket.

1. Membuat Daftar Belanja
Membuat daftar apa saja yang akan dibeli merupakan hal penting jika ingin berbelanja di supermarket. Pertama, daftar belanjaan akan mempersingkat waktu Anda di supermarket. Kedua, belanja jadi lebih terarah karena sudah ada catatan. Dengan begitu, Anda pun hanya membeli barang yang dibutuhkan dan terhindar dari pemborosan. Catatan belanja bisa Anda tulis di kertas atau di ponsel.

2. Jangan Terlalu Sering Mengunjungi Supermarket
Ya, mengunjungi supermarket memang sangat menyenangkan. Seolah ada kenikmatan tersendiri mengelilingi toko yang luas sambil melihat etalase yang dipenuhi barang-barang kebutuhan sehari-hari sambil sesekali mengecek harga. Tapi, jangan sampai terlalu sering datang ke supermarket! Baik butuh atau tidak, Anda pasti akan membeli sesuatu saat berkunjung ke supermarket. Meski tak banyak, namun jika sering maka pengeluaran pun akan semakin bertambah.

3. Beli Bahan Mentah Ketimbang yang Sudah Jadi
Ini berlaku untuk makanan. Membeli makanan siap saji memang praktis, namun uang yang dikeluarkan jadi lebih banyak. Contohnya, harga salad yang sudah jadi lebih mahal dibanding membuatnya sendiri. Sekalipun ada makanan siap saji yang harganya cukup murah, namun porsinya tidak sebanyak makanan yang Anda buat sendiri.

4. Cari Diskon
Supermarket atau swalayan sering kali memberikan potongan harga pada waktu-waktu tertentu seperti awal atau akhir bulan, bisa juga saat menjelang tutup toko. Promo yang ditawarkan pun bermacam-macam, seperti beli 1 gratis 1 atau harga yang lebih murah dari biasanya.

5. Gunakan Kupon Belanja
Di beberapa e-commerce menawarkan voucer belanja di swalayan atau supermarket dengan harga yang lebih murah. Selain itu, pada waktu tertentu, ada juga swalayan yang memberikan kupon atau stiker jika Anda berbelanja telah melebihi nominal tertentu. Jika Anda mengumpulkan stiker, Anda bisa mendapatkan potongan harga atau mendapatkan barang gratis. Ada juga beberapa supermarket yang menawarkan pelanggannya untuk menjadi member. Jangan lewatkan kesempatan ini, karena biasanya dengan member ini Anda akan mendapatkan keuntungan seperti potongan harga atau voucer belanja.

6. Beli Barang dengan Merek Supermarket
Hampir semua supermarket memiliki produk mereka sendiri. Barang-barang dengan merek supermarket biasanya lebih murah ketimbang merek lain yang sudah terkenal. Terkadang, mereka juga dibuat oleh perusahaan yang sama, hanya kemasan dan mereknya saja yang membedakan. Oleh karena itu, Anda tak perlu ragu membeli barang dengan merek swalayan karena bukan tak mungkin Anda bisa mendapatkan kualitas yang sama dengan harga yang lebih murah.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration