Thursday, May 23, 2019
Tips
Tips

Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
22, April 2019
154

Setiap pengemudi wajib mengutamakan keselamatan di manapun, kapanpun, terutama saat musim hujan. Curah hujan yang tinggi bisa mengakibatkan banjir, oleh sebab itu butuh perhatian ekstra agar Anda dapat berkendara dengan aman dan nyaman. Berikut tips berkendara, terutama saat musim hujan datang.

1. Cek Kondisi Ban dan Rem

Agar kendaraan tetap prima, selama digunakan saat musim hujan, Anda wajib mengecek kondisi ban, ren dan lampu. Penting untuk mengetahui tekanan ban sebelum berpergian. Semakin besar dimensi dan bobot kendaraan, maka semakin besar pula tekanan bannya. Jangan lupa juga mengecek tapak ban, apakah masih bertekstur atau sudah halus. Hal tersebut juga berlaku pada rem kendaraan. Agar dapat bekerja dengan baik, periksa apakah ada kebocoran pada selang, silinder roda atau tidak.

2. Hindari Genangan

Hindari genangan air saat berkendara di musim hujan, terutama genangan yang lebih tinggi dari trotar atau roda kendaraan. Jika tidak dapat menghindari genangan, wajib melaju dengan kecepatan rendah agar tidak menimbulkan gelombang air yang dapat masuk dan merusak filter udara.

3. Bersihkan Kendaraan

Air hujan mengandung asam, selain dapat merusak cat kendaraan, bagian lain seperti kolong kendaraan dan spakbor juga bisa berkarat. Putaran roda dan angin juga mempercepat proses korosi pada bagian kolong kendaraan yang terkena air hujan, apalagi setelah melewati genangan air. Itu sebabnya mengapa kendaraan harus langsung disiram dan dibersihkan setelah terkena hujan.

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration