< Tips

Tips Aman dan Nyaman Menggunakan Gadget

Tips Aman dan Nyaman Menggunakan Gadget

Tips

Memasuki era digital ini, gadget seringkali tak bisa terlepas dari kehidupan kita sehari-hari. Tak hanya smartphone, ada juga gadget lainnya yang turut kita gunakan sehari-hari seperti laptop, komputer, dan televisi. Karena itulah, simak tips aman dan nyaman dalam menggunakan gadget berikut ini!

1. Smartphone
Gadget yang satu ini hampir selalu berada di genggaman kita, oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Seperti misalnya, hindari menggunakan smartphone saat berkendara karena akan mengganggu fokus Anda. Gunakanlah hands-free atau hubungkan smartphone ke fitur Bluetooth jika tersedia di mobil Anda. Kemudian jangan mainkan smartphone ketika sedang di-charge, karena smartphone bisa menjadi cepat panas. Ketika menelepon sebisa mungkin gunakan telinga sebelah kiri, alasannya menelepon dengan menggunakan telinga kanan dapat langsung memberikan efek buruk pada otak.

2. Laptop
Bila Anda akan menggunakan laptop dalam jangka waktu yang panjang, lakukan peregangan minimal satu jam sekali. Hal ini dilakukan untuk mengurangi otot yang lelah dan meningkatkan sirkulasi darah. Gunakan meja laptop, agar posisi duduk Anda menjadi lebih nyaman, hindari memangku laptop terlalu lama agar paha serta bagian tubuh lainnya tidak langsung terpapar radiasi dari laptop. Hindari mengalasi laptop dengan bahan yang lunak, karena bahan tersebut bisa membuat panas dari laptop tertutup dan terperangkap hingga dapat meningkatkan suhu laptop. Karena itu pilihlah alas laptop dengan ventilasi udara yang baik.

Photo source: http://www.pexels.com

3. Komputer
Letakkan monitor pada jarak yang aman dan nyaman, idealnya monitor diletakkan dengan jarak minimal 50 cm dari pandangan mata. Pastikan juga Anda bisa melihat semua tulisan dan gambar di monitor dengan jelas. Ubahlah posisi duduk Anda secara berkala dan hindari memandang monitor secara terus menerus. Alihkan pandangan dari monitor setiap 20 menit, lihatlah warna hijau tua karena bisa menjadi alternatif pandangan terbaik, lho. Putar-putar pergelangan tangan Anda untuk melemaskan persendian akibat terlalu banyak mengetik dan menggerakkan mouse komputer. Jangan lupa untuk banyak minum air putih agar terhindar dari kram otot dan persendian. 

4. Televisi
Sesuaikan warna layar televisi dengan tingkat kenyamanan mata Anda. Penyesuaian ini bisa dilakukan melalui menu setting di televisi. Hindari menonton dalam kegelapan di malam hari karena paparan sinar yang terlalu terang dari televisi kurang baik untuk mata Anda. Jika ada televisi di dalam kamar Anda, sebaiknya matikan sebelum Anda beranjak tidur. Atau gunakan timer yang akan dengan otomatis mematikan televisi agar Anda terhindari dari radiasi televisi secara terus menerus.