Saturday, September 21, 2019
Tips
Tips

Tips Aman dan Nyaman Menggunakan Transportasi Umum

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
02, April 2019
719

Saat ini ada banyak sekali angkutan umum di Jakarta, sebut saja Commuter Line, Transjakarta, Angkutan Perbatasan Terintegrasi Bus Transjakarta (APTB), Moda Raya Terpadu (MRT) hingga Lintas Raya Terpadu (LRT). Seberapa sering Anda menggunakan moda transportasi tersebut? Berikut tips agar tetap aman dan nyaman selama menggunakan transportasi umum.

1. Tidak Memainkan Gawai

Tidak dapat dipungkiri jika hampir semua orang membawa gawai saat berpergian. Penggunanya dapat mengusir rasa bosan selama perjalanan, baik dengan mendengarkan musik, bermain game atau saling bertukar pesan. Namun, ada baiknya jika selama perjalanan Anda tidak sibuk memainkan gawai, kecuali untuk hal-hal mendesak, seperti menyelesaikan tugas penting kantor dan lainnya. Jangan sampai Anda lengah dengan keadaan sekitar karena sibuk bermain gawai. Jika Anda terpaksa harus mengeluarkan gawai, letakkan kembali dibagian tas yang dilengkapi dengan resleting.

2. Jaga Barang Bawaan

Tidak dapat dipungkiri jika di setiap moda tranportasi masih banyak saja tangan-tangan jahil. Bagaimana jika selama perjalanan mata terasa sangat lelah? Anda bisa tidur sejenak sambil memeluk barang bawaan (tas). Baik tidur dalam keadaan duduk maupun berdiri, usahakan selalu mendekap tas Anda untuk meminimalisir aksi kejahatan, seperti jambret, tas disilet dan sebagainya.

3. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Hindari penampilan yang terlalu mencolok, seperti menggunakan perhiasan berlebihan, sehingga tidak akan mengundang perhatian pelaku kejahatan. Pilih pakaian yang terbuat dari katun, agar keringat lebih cepat menyerap saat menggunakan transportasi umum di cuaca panas. Anda juga bisa membawa jaket untuk mengatasi suhu AC yang dingin di dalam Commuter Line, Transjakarta, MRT atau LRT. Pilih yang tidak terlalu tebal, agar mudah dimasukkan ke dalam tas saat tidak digunakan.

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration