< Tips

Tips Aman Mengendarai Mobil untuk Wanita

Tips Aman Mengendarai Mobil untuk Wanita

Tips

Kini, tak sedikit wanita yang berkendara sendirian untuk menuju suatu tempat. Namun bagi Anda wanita yang suka berkendara sendirian patut waswas karena menurut isu gender yang tersebar luas menilai wanita adalah sosok yang mudah untuk dijadikan korban kejahatan. Untuk itu simak tips berkendara aman untuk wanita di artikel berikut!

1. Gunakan Pakaian yang Wajar
Hindari menggunakan pakaian minim seperti rok mini karena akan menyulitkan Anda ketika turun dari mobil. Selain itu, pakaian yang terbuka juga akan mengundang perhatian orang lain ketika posisi mobil Anda berhenti seperti saat lampu merah. Maka dari itu gunakan pakaian yang wajar agar tidak menjadi pusat perhatian. 

2. Hindari Menggunakan Perhiasan yang Berlebihan
Sama seperti pakaian, menggunakan perhiasan yang berlebihan akan mengundang perhatian orang lain. Bisa saja ada pelaku kriminal yang mencoba untuk mengambil perhiasan Anda. Karena itu, jika Anda berencana untuk menggunakan perhiasan sebaiknya simpan dahulu dan kenakan setelah sampai di tempat tujuan. 

3. Pakai Sepatu yang Nyaman
Berkendara dengan menggunakan sepatu high heels dinilai kurang nyaman dan juga bahaya karena hak pada sepatu high heels membuat kaki susah untuk berpijak. Sehingga pada saat mengerem, pijakan menjadi kurang maksimal. Gunakan alas kaki lain seperti sepatu kasual yang nyaman dan tidak licin kemudian Anda bisa mengganti ke sepatu high heels pada saat sampai di tempat tujuan. 

4. Sembunyikan Barang Berharga
Tas pribadi, tas laptop, dompet, atau barang berharga lainnya sebaiknya Anda sembunyikan agar tidak mengundang perhatian para pelaku kriminal. Barang berharga yang dibawa bisa Anda letakkan dekat dengan Anda atau di bagian bawah kursi penumpang. Atau bisa juga ditutup dengan bantal atau kain agar tidak terlihat langsung ketika orang melihat ke bagian dalam mobil Anda. 

5. Selalu Kunci Mobil
Saat Anda masuk ke dalam mobil, selalu kunci pintu untuk menghindari modus perampokan di mana para pelaku langsung membuka pintu mobil sesaat setelah Anda masuk mobil. Dengan langsung mengunci pintu, Anda bisa menghindari modus perampokan tersebut. 

6. Jangan Berhenti di Tempat yang Sepi
Hindari juga berhenti di tempat yang sepi, karena tempat seperti ini menjadi sarang tindak kriminal. Tempat sepi akan membuat pelaku kriminal dengan mudah melakukan aksinya karena tidak banyak orang yang melihat dan korban pun akan kesulitan untuk meminta bantuan. 

7. Hindari Pulang Larut Malam
Larut malam merupakan waktu puncaknya para pelaku kriminal melakukan aksinya. Karena itu apabila Anda berkendara sendirian, hindari pulang larut malam. Jika terpaksa harus pulang malam, mintalah seseorang untuk menemani Anda dalam perjalanan.