< FYI

Tips Bersihkan 7 Bagian Rumah Anda

Tips Bersihkan 7 Bagian Rumah Anda

FYI

Menyapu, mengepel, dan melap berbagai sudut ruangan ternyata tidak cukup untuk memiliki hunian yang “bersinar” dan jauh dari kuman. Berikut ini adalah tip jitu untuk bersihkan berbagai ruang rumah Anda.

1. Dapur
Dapur memiliki banyak peralatan dan perabotan yang kadang luput dari perhatian. Sisa kotoran dari makanan terkadang sulit dihilangkan. Salah satunya adalah blender. Cara mudah untuk membersihkan blender adalah dengan memasukan air hangat sabun cuci piring ke dalam blender lalu tekanlah tombol kekuatan yang paling cepat untuk memutar campuran tersebut.

Untuk peralatan makan yang berbahan besi atau tembaga Anda dapat membuatnya selalu cemerlang dengan mencampurkan lemon dan baking soda lalu menggosokkannya ke semua peralatan tersebut. Sedangkan untuk panci dan penggorengan Anda dapat menggunakan hydrogen peroxide dan sabun cuci piring untuk menjadi bahan mencuci. Beralih ke perlengkapan berbahan beling seperti gelas, piring, dan vas, Anda dapat menggunakan hydrogen peroxide saat membersihkannya.

Namun untuk wadah dengan warna putih di dalam seperti pada cangkir kopi gunakanlah garam untuk menghapus noda bekas minuman. Terakhir untuk bagian tempat cuci piring, baking soda dapat digunakan untuk melancarkan lubang pembuangan sedangkan menaruh busa cuci piring di dalam microwave yang dinyalakan dapat menghilangkan kuman yang menempel di dalamnya.

2. Kamar Tidur
Jika Anda menggunakan tirai berupa kerai untuk kamar tidur, debu dapat menumpuk di sela-selanya tanpa Anda sadari. Oleh sebab itu Anda dapat menggunakan kaos kaki pada tanggan Anda sebagai alat pembersihnya.

Kemudian untuk tempat tidur Anda dapat menggunakan vacuum cleaner untuk mengambil debu yang tak terlihat di berbagai jalinannya. Sedangkan untuk noda di sprei, coba sisihkan sedikit vodka Anda dan oleskan pada nodanya.

Jangan lupa juga untuk rutin mencuci bantal Anda minimal 6 bulan sekali. Agar lebih mudah masukkan saja bantal ke dalam mesin cuci Anda dan cucilah seperti pakaian. Begitu pula dengan selimut. Jemur selimut minimal seminggu sekali di tempat yang banyak udara untuk menghilangkan bau tak sedap.

3. Ruang Keluarga
Ruang keluarga dapat menjadi bagian terpenting untuk merepresentasikan rumah Anda. Di sinilah para tamu dan keluarga berkumpul untuk berbagi kisah dan melakukan banyak aktivitas. Oleh sebab itu membersihkan ruang ini harus sangat detail.

Pertama ke bagian sofa dan kursi. Furnitur yang terbuat dari bahan kulit dan sejenisnya dapat dibersihkan dengan campuran cuka, minyak olive, dan lemon. Sedangkan noda pada karpet dapat dihilangkan dengan air soda, sabun cuci piring dan hydrogen peroxide yang dicampur jadi satu.

Anda juga tidak boleh melupakan peran vacuum cleaner yang bertugas untuk membersihkan semua debu di semua sudut rumah. Caranya dengan membuka mesin vacuum cleaner lalu menghilangkan debu yang tertimbun pada kantong vacuum cleaner, sikat, filter dan selangnya. Cukup bersihkan dengan cara biasa. Namun apabila Anda masih menggunakan sapu biasa, sebisa mungkin ganti saput minimal 2 bulan sekali tergantung bahan sapunya.

4. Ruang Kerja
Ruang kerja adalah tempat yang banyak berisi elektronik dan gadget. Contohnya komputer. Nah, bagaimana cara membersihkannya? Untuk bagian layar Anda dapat menggunakan cuka dan air mineral yang diteteskan ke lap bersih.

Di sisi lain, bagian keyboard dapat dibersihkan dengan mengetukkan selotip pada sisi berdebu atau menggunakan alat sedot debu khusus untuk keyboard agar debu pada lubang yang terjangkau dapat hilang.

Selain itu jika Anda suka bekerja menggunakan earbud berhati-hatilah akan kuman yang berada di dalamnya. Bersihkan dengan air hangat dan sabun mandi lalu usapkan tanpa memasukkannya ke dalam air. 

5. Kamar Mandi
Sela-sela keramik kamar mandi dapat meninggalkan kuman atau jamur yang berbahaya. Hilangkan dengan cairan pemutih. Kemudian beralih pada bagian wastafel gunakan cairan gabungan cuka dan baking soda. Begitu pula untuk shower, closet dan kran air. Cairan ini ditambah dengan garam juga dapat membersihkan handuk yang sudah terlihat lusuh.

6. Ruang Cuci
Menggunakan mesin cuci? Jangan anggap bagian dalamnya selalu bersih. Karena sebenarnya bagian dalam mesin cuci pun harus dibersihkan. Terutama karena bahan dalamnya berbahan besi. Karat-karat dapat dihilangkan dengan campuran baking soda dan cuka.

7. Setrika
Anda mungkin berpikir setrika tidak perlu dibersihkan. Anda salah. Bagian besi pada mesin setrika pun harus dibersihkan. Caranya mudah, gunakanlah garam yang ditaburkan di atas kertas roti lalu tempelkan besi setrika di atasnya.