< Tips

Tips Hemat Nonton di Bioskop

Tips Hemat Nonton di Bioskop

Tips

Menonton film di bioskop saat ini sudah menjadi bagian dari hiburan yang harus dilakukan. Film-film bagus, baik buatan dalam negeri maupun produksi luar negeri hampir tiap bulan meramaikan bioskop. Hal ini membuat banyak penikmat film tidak ingin melewatkannya satu pun.

Namun, semakin banyak film yang ingin ditonton, tentunya semakin banyak pula uang yang harus dikeluarkan untuk membeli tiket nonton di bioskop. Eits, jangan sedih dulu! Anda masih bisa, kok nonton film-film berkualitas tersebut tanpa takut kantong jebol. Mau tahu bagaimana caranya? Simak di bawah ini, ya!

1. Nonton Saat Weekdays
Bagi Anda yang sering menonton film di bioskop, pasti sudah paham kalau tiket menonton saat akhir pekan atau hari libur Nasional lebih mahal, dari hari-hari biasa. Untuk itu, siasati hal ini dengan menonton saat hari biasa atau hari kerja. Sebagai contoh, jika di hari biasa tiket menonton hanya Rp 35.000,-, di akhir pekan atau hari libur Nasional naik menjadi Rp 50.000,-

Jika kebetulan tempat Anda bekerja dekat dengan bioskop, tentu lebih menyenangkan. Namun, jika besok paginya Anda harus kembali bekerja, usahakan untuk menonton film yang tidak terlalu malam. Biasanya ada film yang tayang mulai pukul 18.00 atau 18.30. Agar tidak kehabisan tempat duduk untuk menonton di jam tersebut, Anda bisa membeli tiketnya terlebih dulu saat sedang istirahat kerja. Jadi, saat jam kerja sudah usai, Anda bisa langsung ke bioskop dan menunggu film dimulai.

2. Beda Bioskop, Beda Pula Harganya
Anda yang sering nonton film di bioskop juga pasti sudah tahu, tidak semua bioskop menerapkan harga tiket yang sama. Seperti misalnya Cineplex 21. Jaringan bioskop ini memiliki empat jenis bioskop, 21, XX1, The Premiere, dan IMAX. Dari ke empat jenis tersebut, yang paling murah adalah Cinema 21. Harga tiket untuk bioskop jenis ini berkisar antara Rp 30.000,- hingga Rp 40.000,-.

Namun tak jarang meski jenis bioskopnya sama, tapi harga tiketnya berbeda. Sebagai contoh, Cinema XX1 di Blok M Plaza lebih murah dibanding Cinema XX1 di Senayan City.

Perbedaan harga ini tentu saja dikarenakan perbedaan fasilitas yang disediakan. Semakin mahal harga tiketnya, semakin mewah juga fasilitas yang disediakan, mulai dari gedung, bangku penonton, layar, dan lain sebagainya. Bahkan, ada jaringan bioskop yang menggunakan tempat tidur sebagai pengganti bangku menonton.

3. Cari Promo atau Kupon Tiket Nonton
Ada beberapa situs web yang khusus menyediakan diskon atau promo. Biasanya situs web ini juga menawarkan diskon atau kupon tiket menonton dengan harga yang lebih murah dari harga aslinya. Bahkan ada yang memberikan potongan hingga setengah harga. Tentunya hal ini tidak boleh Anda lewatkan jika ingin nonton hemat.

4. Ikuti Kuis
Sebagai sarana promosi film yang akan tayang, biasanya pihak promotor film akan mengadakan kuis dengan hadiah tiket nonton gratis film tersebut. Hal tersebut dinilai efektif bagi promotor tersebut sebagai sarana memperkenalkan film.

Lalu bagaimana caranya untuk bisa mengetahui kuis-kuis tersebut? Ikuti berbagai media sosial yang bersangkutan dengan film tersebut. Seperti misalnya jika Anda ingin menonton film Pengabdi Setan, Anda bisa mengikuti akun media sosial mereka. Atau mengikuti akun media sosial promotor film tersebut. Kalau bisa gratis, kenapa tidak?

5. Menggunakan Kartu Kredit
Cara hemat beli tiket bioskop lainnya adalah dengan membelinya menggunakan kartu kredit. Ini bisa jadi keberuntungan bagi Anda yang memiliki kartu kredit. Biasanya bank penerbit kartu kredit bekerja sama dengan jaringan bioskop dan menawarkan promo berupa potongan harga tiket nonton atau promo buy one get one (beli satu tiket, dapat satu tiket gratis). Pas nih, buat Anda yang mau nonton dengan pasangan.