Thursday, December 12, 2019
Tips
Tips

Tips Jitu Berinvestasi untuk Pemula Agar Lebih Menguntungkan

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
13, November 2019
190

Siapa yang masih belum tergiur untuk berinvestasi? Investasi merupakan salah satu hal yang perlu Anda lakukan sejak dini jika Anda ingin memiliki pundi-pundi tambahan di masa depan. Tidak ada kata terlambat untuk memulai, pasalnya, pemula juga bisa belajar berinvestasi dan meraup keuntungan dengan menerapkan cara jitu berikut ini.

1. Pilih Jenis Investasi

Tidak perlu tergesa-gesa, kenali terlebih dahulu jenis-jenis investasi sebelum memutuskan untuk membeli produk (investasi) tersebut. Sebagai contoh, untuk investasi non riil (investasi keuangan), ada beragam jenisnya, mulai dari reksa dana, deposito, peer to peer lending, saham dan obligasi. Pilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan, pahami risikonya, dan tentukan tujuan Anda dalam waktu dekat maupun lama.

2. Diversifikasi Investasi

Untuk mengurangi kegagalan, sangat disarankan untuk menyebar produk investasi. Dengan kata lain, jangan berinvestasi pada satu produk (investasi) saja. Sebab, jika salah satu produk (investasi) gagal, risiko Anda kehilangan semua uang bisa diminimalisir. Hal ini juga penting dilakukan bagi Anda yang memiliki banyak tujuan saat melakukan investasi. Misal, investasi reksa dana untuk membeli tanah atau naik haji 10 tahun ke depan atau investasi online peer to peer lending untuk tujuan jangka pendek.

3. Mulai dengan Modal Sendiri

Sangat disarankan untuk mulai berinvestasi dengan modal (uang) sendiri. Jika Anda menggunakan pinjaman untuk berinvestasi, margin keuntungannya tentu lebih kecil dibanding dengan menggunakan uang sendiri. Mulai dari yang paling kecil yang risiko (kegagalannya) kecil.

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration