Saturday, December 14, 2019
Tips
Tips

Tips Melakukan Yoga untuk Pemula

Spectr News Theme Isny Dewi R.
15, November 2019
218

Hingga saat ini, yoga masih menjadi salah satu olahraga favorit bagi warga Jakarta. Ini terbukti dari banyaknya studio yoga yang terus bermunculan di ibu kota. Meski kian digemari, namun ternyata masih banyak pula yang belum pernah melakukan yoga. Jika Anda salah satunya dan tertarik mencoba, berikut lima tips untuk pemula yang ingin melakukan yoga.

1. Pilih Kelas dengan Instruktur Bersertifikat
Menurut instruktur yoga Lisa Namuri, bagi pemula, dianjurkan mengikuti kelas dengan instruktur yang sudah bersertifikat. "Jangan asal mengikuti gerakan dari YouTube atau buku. Baiknya ikut kelas dengan instruktur dulu dan pada saat berlatih benar-benar mengikuti arahan dari instruktur," tutur Lisa dikutip dari kumparan.com.

2. Bawa Perlengkapan
Salah satu perlengkapan yoga yang harus tersedia adalah matras. Biasanya, studio yoga sudah menyediakan matras, tapi banyak juga yang memilih membawa matras mereka sendiri. Matras untuk yoga memiliki tingkat ketebalan yang berbeda, semakin tebal matras, maka akan semakin empuk dan Anda pun akan lebih nyaman bergerak di atasnya.

Perlengkapan penting lainnya yang harus Anda bawa adalah handuk kecil untuk membasuh keringat dan botol minum agar lebih praktis jika Anda merasa haus.

3. Jangan Memaksakan Diri
Selain membuat tubuh lebih rileks, yoga juga dapat membuat tubuh lebih lentur sekaligus dapat memperbaiki postur tubuh. Meski begitu, Anda dianjurkan untuk tidak memaksakan diri dalam melakukan gerakan yoga, lakukan saja sesuai dengan kemampuan Anda.

Lisa menambahkan, "jika ada satu gerakan yang sudah membuat kita merasa tidak nyaman di awal, baiknya segera dihentikan. Kemudian tanya pada instruktur apakah ada posisi yang kurang tepat."

4. Fokus
Karena membutuhkan konsentrasi tinggi, Anda diwajibkan fokus pada diri sendiri saat melakukan yoga. "Usahakan jangan memikirkan hal apapun selama yoga. Just let go everything, karena inilah waktunya mendengarkan diri dan kenali diri lebih dalam," tutur Riezki Aisyah, instruktur Yoga di Purinawa Yoga School Cibubur, yang dikutip dari kumparan.com.

5. Bernapas Teratur
Selain fokus, Anda juga diharuskan untuk mengatur napas, karena yoga sangat mengandalkan kekuatan bernapas. Lisa kembali menambahkan, sangat dianjurkan untuk bernapas teratur agar Anda juga bisa lebih fokus pada gerakan-gerakan tertentu. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk tidak tegang di area leher dan wajah.

Image by pixabay.com/AndiP

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration