Thursday, December 12, 2019
Tips
Tips

Tips Memilih Influencer untuk Promosi Bisnis

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
21, October 2019
283

Layaknya dua sisi mata uang, bisnis dan promosi tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Apapun bentuk bisnisnya tentu membutuhkan promosi yang disusun secara matang dan dieksekusi dengan baik.

Berbicara mengenai bisnis, terutama bisnis berbasis daring (online), Anda bisa menerapkan salah satu bentu promosi yang banyak dipilih, yakni menggunakan jasa influencer (sosok yang tengah naik daun di berbagai media sosial) untuk mempromosikan bisnis Anda. Agar promosi dapat berjalan lancar, berikut beberapa cara yang dianggap efektif dalam mencari influencer yang tepat untuk diajak bekerja sama.

1. Karakter Influencer

Hal pertama yang wajib Anda pertimbangkan sebelum memilih influencer untuk promosi adalah memperhatikan karakteran influencer yang ingin Anda ajak kerja sama. Apakah karakter influencer tersebut sesuai dengan produk (bisnis) yang Anda coba promosikan? Sebagai contoh, jika produk (bisnriis) yang Anda promosikan berupa produk fesyen, cari influencer yang konsisten mengunggah konten terkait dengan dunia fesyen. Hal tersebut penting dilakukan untuk memastikan jika promosi yang Anda lakukan sampai kepada audience (target) yang tepat.

2. Followers Asli

Selanjutnya, setelah mencari influencer yang karakternya sesuai dengan produk Anda, pastikan jika followers-nya asli. Anda bisa menggunakan Igaudit.io yang merupakan situs untuk mengetahui keaslian followers sebuah akun Instagram.

Hal lain yang bisa menjadi pertimbangan adalah tingkat engagement. Selain likes, Anda bisa memperhatikan kolom komentar. Biasanya, sebuah unggahan dengan tingkat engagement baik memiliki jumlah likes dan comment yang proporsional terhadap jumlah followers-nya. Jangan mudah tergiur dengan influencer yang memiliki banyak followers.

3. Konten

Poin ketiga ini masih berkaitan dengan banyak followers, tidak menutup kemungkinan influencer yang memiliki banyak followers namun ternyata tidak bisa membuat konten yang menarik perhatian followers-nya sehingga promosi tidak dapat berjalan dengan efektif. Hal tersebut bisa dilihat dari kualitas foto, video, dan caption yang dibuat. 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration