Sunday, September 15, 2019
Tips
Tips

Tips Mempersiapkan Kendaraan untuk Mudik Aman dan Nyaman

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
28, May 2019
609

Hari Raya Idul Fitri akan segera tiba, bagi Anda yang berencana pulang ke kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya melakukan pengecekan secara menyeluruh agar perjalanan tetap aman dan nyaman sampai di kota tujuan. Berikut tips sederhana mempersiapkan kendaraan untuk mudik.

1. Periksa Ban

Untuk berkendara jauh dan menggunakan mobil, pastikan sudah melewati proses spooring dan balancing. Keduanya bertujuan untuk menjaga laju mobil tetap lurus. Ada beberapa tanda mobil Anda perlu melakukan keduanya, termasuk permukaan ban sudah tidak rata, mobil seakan belok sendiri padahal sedang berjalan lurus dan pada kecepatan tertentu setir mobil bergetar. Selain itu, pastikan tekanan ban seimbang untuk keempat ban dan disesuaikan dengan kapasitas mobil. Jangan lupa untuk membawa ban cadangan untuk berjaga-jaga.

2. Tune-up

Baik berkendara dengan mobil atau motor, tune-up penting dilakukan untuk mengembalikan performa kendaraan seperti semula, terutama jika jalan yang akan Anda lewati penuh dengan lubang dan menanjak. Mulai dari mesin (pengecekan oli, busi, filter udara, karburator) sampai kelistrikan (aki, lampu, klakson) harus dicek secara menyeluruh.

3. Perkakas dan Kotak P3K

Pastikan Anda membawa kotak perkakas yang berisi dongkrak, obeng, kunci Inggris, senter, cable ties, kunci L dan tool kit serbaguna lain untuk memperbaiki kendaraan. Sementara itu, isi kota P3K dengan kain kasa, pinset, gunting, plester, peniti, masker, kantong plastik bening, obat-obatan pribadi, obat alergi dan anti nyeri.

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration