Sunday, November 17, 2019
Tips
Tips

Tips Mengelola Waktu agar Tidak Kewalahan

Spectr News Theme Isny Dewi R.
21, October 2019
189

Kita semua berjuang dengan kesibukan sehari-hari, dan hal tersebut sering membuat kita kewalahan dalam mengelola waktu. Tapi ternyata ada cara untuk mengatur waktu lebih efektif meski memiliki aktivitas yang padat. Berikut tips pengelolaan waktu langsung dari para ahli.

1. Jangan jadi si ‘Multitasking’
“Multitasking mengharuskan Anda untuk membagi perhatian Anda di banyak tugas, jadi, menurut definisi, ini berarti Anda tidak memberi perhatian penuh pada pekerjaan apa pun. Jika Anda benar-benar perlu menyelesaikan sesuatu, fokuslah 100 persen. Dengan begitu, Anda akan menyelesaikan banyak hal lebih cepat, dan mendapatkan hasil yang lebih baik.” Kata Claire Mitchell, pendiri The Girls Mean Business.

2. Buat Daftar “Yang Tidak Akan Saya Lakukan”
Tidak semua kiat manajemen waktu fokus pada daftar tugas. “Buatlah daftar yang tidak akan Anda lakukan bersama dengan daftar yang harus dilakukan,” kata pakar Manajemen Waktu Bach Original Flower Remedies Rosie Gray, pendiri Mosaic Learning. “Masukkan apa pun yang dapat mengalihkan perhatian Anda dan mencuri waktu berharga yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas penting.”

3. Jadikan Diri Anda tidak Dapat Diinterupsi
“Kita sering teralihkan dari tugas karena ada panggilan telepon, kolega, email, dan media sosial. Tetapi, masalahnya adalah, Anda membiarkan ini terjadi dengan tidak menempatkan diri Anda dalam ‘gelembung kerja’ protektif," kata Claire Mitchell.

Jika Anda benar-benar perlu menyelesaikan pekerjaan, matikan telepon Anda dan matikan email Anda selama 30 menit. Atur pengatur waktu agar Anda bekerja melawan waktu dan berikan tenggat waktu untuk menyelesaikan satu hal penting. Untuk menghentikan kolega mengganggu Anda, masukkan beberapa earphone. Setelah Anda menyelesaikan tugas penting, buat diri Anda tersedia lagi. Ini akan ‘melatih’ orang-orang di sekitar Anda untuk mengetahui kapan Anda seharusnya tidak terganggu.

4. Coba Aturan Satu Hari
Kiat manajemen waktu akan memotivasi Anda untuk menyelesaikan hal-hal paling penting dalam jangka waktu yang realistis. "Pikirkan seberapa produktif Anda sehari sebelum pergi berlibur," kata Claire Mitchell. Anda hanya punya satu hari untuk memilah gunung pekerjaan dan itu tampak mustahil tetapi entah bagaimana Anda mengelolanya. Ini karena Anda menjadi kejam dengan daftar tugas Anda.

Cobalah untuk menciptakan kembali sikap ini kapan pun Anda perlu membuat kemajuan serius dengan beban kerja Anda. Berpura-puralah bahwa Anda memiliki satu hari untuk menyelesaikan semuanya dan jika tidak layak dilakukan, tinggalkan saja. Serahkan apa pun yang bisa diserahkan, dan selesaikan segala sesuatunya alih-alih mengkhawatirkan tugas Anda selesai dengan sempurna.

5. Tetap Nyata
"Bersikap realistis tentang apa yang bisa dan tidak bisa Anda lakukan," kata Rosie Gray. Anda memiliki waktu terbatas dan harus memilih apa yang Anda lakukan dengan waktu tersebut secara bijak. Anda tidak dapat melakukan 12 jam kerja di mana seharusnya hanya 8 jam sehari. Memperhatikan seberapa lama tugas cenderung akan meningkatkan penjadwalan Anda di masa depan, memungkinkan Anda untuk memberikan perkiraan yang akurat dan memenuhi tenggat waktu dengan lebih mudah.

6. Belajar Mengatakan Tidak
Kiat pengelolaan waktu akan membuat Anda lebih efisien, tetapi penting juga untuk mengetahui kapan Anda terlalu banyak berkomitmen. "Jangan membanjiri diri sendiri dengan komitmen berlebihan atau Anda akan meningkatkan kemungkinan gagal di beberapa bidang," kata Simon Alexander Ong, life designer dan ahli strategi sukses.

Pikirkan tentang apa yang perlu Anda hilangkan dari jadwal Anda untuk menyediakan waktu untuk permintaan tambahan, lalu pertimbangkan apakah perlu melakukan ini. Jika Anda tidak punya pilihan selain mengambil permintaan tambahan, pelajari cara menyerahkan apa pun yang akan mengalihkan Anda dari tugas terpenting Anda.

 

Image by terovesalainen from Pixabay

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration