< Tips

Tips Merawat Kendaraan Saat Musim Hujan

Tips Merawat Kendaraan Saat Musim Hujan

Tips

Memasuki musim hujan seperti ini, Anda wajib merawat kendaraan, baik motor maupun mobil agar tidak mengalami kerusakan di beberapa bagian penting sekaligus menjaganya agar tetap prima saat digunakan. Nah, berikut beberapa tips mudah yang dapat Anda lakukan dalam merawat kendaraan.

1. Cuci Kendaraan Setelah Kehujanan

Setelah diguyur hujan, kendaraan harus segera dicuci. Pasalnya, kandungan zat asam pada air hujan dapat merusak cat motor ataupun mobil. Pencucian dapat dilakukan dengan air bersih untuk menetralisir air hujan yang menempel di body kendaraan.

2. Periksa Mesin Kendaraan

Air hujan dapat masuk ke mesin melalui lubang terbuka atau merembes melalui karet-karet mobil. Begitu pula dengan motor, komponen vital seperti busi wajib dibersihkan setelah terkena hujan dengan cara di lap atau mencabut karet penutup busi dan ditiup.

3. Mengecek Kondisi Ban

Pastikan tekanan udara dalam ban kendaraan Anda pas. Jika tekanan udara kurang, permukaan ban yang bersentuhan langsung dengan jalanan, terutama yang tergenang banjir membuat ban mudah menipis. Hal tersebut tentu membahayakan, karena bisa jadi selip, kehilangan arah hingga meledak.