Tuesday, July 23, 2019
Tips
Tips

Tips untuk Wanita yang Ingin Solo Traveling

Spectr News Theme Isny Dewi R.
21, June 2019
219

Ingin sekali traveling tapi tidak ada satu pun kawan yang bisa menemani. Atau teman-teman Anda yang semula ingin menemani tiba-tiba tidak jadi ikut karena berbagai alasan. Tentunya sangat tidak menyenangkan, apalagi jika Anda sudah tidak sabar ingin pergi liburan. Daripada membatalkan rencana traveling, bagaimana jika Anda solo traveling? Tidak perlu takut, solo traveling bisa dilakukan baik untuk laki-laki maupun perempuan. Jika ini pengalaman pertama Anda menjadi solo traveller, simak tips berikut ini agar perjalanan Anda aman dan nyaman.

1. Riset
Sebelum memulai traveling, hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah riset seputar tempat yang akan Anda tuju. Cari tahu bagaimana kondisinya, bagaimana akses transportasi di sana, hingga cuacanya. Hal ini penting agar Anda bisa menyiapkan segala sesuatunya dengan baik sebelum Anda tiba di destinasi traveling. Ini juga membantu Anda mencegah agar terhindar dari sasaran kejahatan yang kerap kali mengincar wisatawan yang sedang kebingungan.

2. Cari Penginapan Terpercaya
Poin ini menjadi hal terpenting berikutnya, karena penginapan akan menjadi rumah sementara Anda selama traveling, apalagi jika Anda merupakan traveller perempuan. Saat ini tak sulit mencari penginapan yang tak hanya nyaman, tapi juga aman. Anda bisa riset penginapan melalui situs-situs booking hotel. Jika sudah menentukan kota yang akan dituju, Anda bisa menyortir penginapan berdasarkan ulasan terbaik dari para traveller yang sudah pernah menginap. Kini juga semakin banyak penginapan murah dengan kualitas luar biasa.

Jika Anda memilih tinggal di hostel dengan kamar asrama, pilih lah kamar khusus untuk perempuan. Biasanya hostel yang baik juga menyediakan loker untuk tamu yang ingin menyimpan barang berharga mereka. Simpan lah barang berharga Anda di loker. Jika hendak keluar, jangan lupa mengunci loker Anda.

3. Kenakan Pakaian yang Tepat
Saat solo traveling, ada baiknya Anda mengenakan pakaian yang tepat sesuai dengan tempat yang dituju. Jika Anda berencana traveling ke Kuta Bali, mungkin tak masalah jika ingin mengenakan pakaian terbuka. Namun, usahakan untuk tidak menggunakan pakaian yang terlalu terbuka, agar terhindar dari tindak kejahatan dan lebih nyaman. Lain halnya jika Anda pergi ke tempat yang terkenal cukup religius, tentu Anda harus mengenakan pakaian yang sopan demi menghormati adat istiadat setempat.

Hindari juga mengenakan perhiasan mencolok yang dapat mengundang perhatian para pelaku kejahatan. Tampil lah sederhana dan usahakan untuk membaur dengan warga lokal, agar Anda tak terlihat seperti wisatawan.

4. Gunakan Jasa Local Guide
Jika Anda solo traveling dan belum memahami tempat yang Anda tuju dengan baik, tak ada salahnya menggunakan jasa local guide. Local guide cenderung lebih paham tentang seluk-beluk daerah tempat tinggalnya. Bahkan mereka bisa mengajak Anda ke tempat wisata atau mencicipi kuliner lezat yang belum banyak orang tahu. Selain itu, mereka juga akan membebaskan Anda ingin pergi ke mana saja, tanpa harus terpaku pada rencana perjalanan. Namun, cari lah guide yang suda terpercaya. Anda bisa cari tahu lewat Instagram atau tanya-tanya ke warga sekitar.

5. Hindari Pulang Malam
Jika Anda menjelajahi destinasi wisata sendirian, usahakan untuk tidak pulang malam. Jalan-jalan di tempat yang belum Anda kenal sendirian saat malam hari tentunya sangat beresiko, terutama untuk perempuan. Untuk menghindari pulang malam, Anda bisa keluar sejak pagi hari, sehingga Anda tetap punya banyak waktu untuk menjelajah. Bagaimana ladies? Tertarik mencoba solo traveling?

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration