Saturday, December 14, 2019
Tips
Tips

Tips Wawancara dan Foto saat Membuat Paspor

Spectr News Theme Isny Dewi R.
11, November 2019
236

Anda berencana liburan ke luar negeri tetapi belum punya paspor? Masih belum tahu cara berpakaian yang baik saat foto dan wawancara untuk membuat paspor? Jangan khawatir! Berikut tata cara berpakaian yang benar dan hal lainnya yang harus diperhatikan saat wawancara dan foto paspor yang kami lansir dari akun Instagram Ditjen Imigrasi @ditjen_imigrasi.

1. Pakai Baju Berkerah dan Jangan yang Berwarna Putih
Sama seperti saat Anda pergi bekerja atau ke kantor-kantor pemerintahan, Anda harus memakai baju berkerah rapi. Namun, harus Anda perhatikan pula, jangan memakai baju berwarna putih. Hal ini bertujuan agar foto paspor Anda nampak layak saat diperiksa di kantor imigrasi di luar negeri.

2. Pakai Celana Panjang atau Rok Formal
Bagi pria, Anda diharuskan memakai celana panjang, sedangkan untuk wanita bisa mengenakan celana panjang atau rok formal.

3. Bawa Smartphone untuk Menunjukkan Nomor Antrian Paspor
Jika Anda sudah mendaftar antrian secara online, Anda diharuskan membawa smartphone untuk menunjukkan nomor antrian paspor. Hal ini juga akan memudahkan Anda saat mengantre untuk wawancara dan foto paspor.

4. Memakai Sepatu
Anda wajib memakai sepatu saat datang ke kantor Imigrasi, agar menampilkan kesan rapi dan layak pada diri Anda untuk mendapatkan paspor.

5. Membawa Dokumen Lengkap
Terakhir tapi juga sangat penting, jangan lupa membawa dokumen pribadi seperti KTP, KK, Akta Kelahiran dan ijazah. Anda wajib membawa dokumen lengkap yang dibutuhkan kantor imigrasi untuk mengurus paspor. Jika ketinggalan, maka Anda terpaksa mendaftar kembali dari awal.

Photo Credit: Instagram @ditjen_imigrasi

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration