Thursday, October 17, 2019
Technology
Technology

Topik dan Hashtag yang Sering Digunakan Pengguna Instagram saat Ramadan

Spectr News Theme Isny Dewi R.
20, May 2019
813

Beberapa hari lalu, Instagram membeberkan beberapa topik dan tagar yang paling sering dibahas selama Ramadan. Di antaranya adalah topik seputar keluarga dan teman, travel, makanan, dan belanja online. Insight ini ternyata tak hanya digunakan saat Ramadan sudah berlangsung, tapi sejak dua minggu sebelum mulainya Ramadan.

Topik seputar travel dan belanja online banyak dibicarakan setelah jam-jam sahur hingga siang hari antara pukul 12.00 – 14.00. Kedua topik itu secara perlahan akan digantikan oleh topik mengenai keluarga dan makanan jelang waktu berbuka puasa. Topik ini menjadi yang paling laris dibahas oleh pengguna Instagram Indonesia, hingga puncaknya pada H-7 Lebaran, menurut data internal Instagram tahun 2018 lalu.

Menurut Client Partner Facebook dan Instagram Indonesia, data ini bisa dijadikan sebagai patokan bagi konten kreator, terutama bagi para pemilik akun bisnis untuk mengunggah konten pada jam-jam tersebut.

Mereka juga bisa menambahkan tagar (tanda pagar) yang populer selama Ramadan 2019 ini. Tagar tersebut antara lain #selamatberpuasa, #tokoparselmurah, #happyfasting, #sepatumuslimahsporty, atau #semangatpuasa agar dapat menjangkau lebih banyak sasaran. Meski bukan tagar teratas, tapi pertumbuhannya meningkat saat Ramadan.

Meski algoritma Instagram sudah tidak lagi kronologis dalam menampilkan linimasa, namun cara-cara ini bisa dibilang masih efektif untuk menggaet konsumen. Sebab, algoritma masih mempertimbangkan hal-hal yang dianggap disukai pengguna, sehingga konten-konten terkait tetap akan muncul di awal.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration