< Marketing

Trik Jitu Memasarkan Produk Kurang Laku di Online Shop

Trik Jitu Memasarkan Produk Kurang Laku di Online Shop

Marketing

Apakah ada produk yang masih belum laku di online shop Anda? Mungkin ada kekurangan dalam cara memasarkannya.

Salah satunya bisa dalam penempatan foto produk karena ternyata penempatan foto sangat berpengaruh, lho. Agar Anda tidak lagi memiliki produk kurang laku, simak trik di bawah ini!

1. Ketahui Efek Primacy
Selain memberi diskon untuk produk yang kurang laku, Anda harus mengetahui kalau dunia marketing berkaitan erat dengan efek psikologis ini.

Efek primacy adalah sebuah keadaan saat otak memberitahu manusia kalau pilihan pertama adalah yang terbaik.

Contohnya, saat Anda sedang mencari sepatu dan tertarik dengan pilihan A. Kemudian Anda berkeliling lebih lanjut dan menemukan sepatu lain yang juga menarik, namun ujung-ujungnya Anda tetap memilih pilihan yang pertama Anda lihat. Benar? Beginilah efek primacy bekerja di pikiran Anda.

2. Tempatkan Produk Di Sebelah Paling Kiri dari Page
Alexander Felfernig dan timnya dari Klagenfurt Univesity juga telah membuktikan efek primacy dengan memperhatikan perilaku konsumen di online shop di mana ditempatkan 4 pilihan tenda dalam deretan horizontal.

Hasilnya, produk yang ditempatkan di urutan pertama yakni di sebelah paling kiri dari page dipilih 2,5 kali lebih banyak dibanding yang lainnya, lho.

Mengapa di paling kiri? Karena mata cenderung membaca website dari kiri ke kanan, bukan? Tak heran gambar yang berada di paling kiri akan menjadi yang pertama dilihat oleh calon konsumen.

Photo source: http://all-free-download.com

3. Beri Detail Lebih Lengkap tentang Produk
Bisa jadi orang kurang tertarik membeli suatu produk karena belum mengerti kelebihan dari produk tersebut. Karena itu, Anda bisa mengiklankan kembali produk yang kurang laku dengan memberi keterangan produk secara lebih detail dalam tampilan yang lebih menarik.

Misalnya, Anda bisa memotret ulang dengan komposisi yang lebih ‘Instagrammable’. Kemudian tempatkan di area paling atas situs.

4. Pasang di Kolom Produk Terbaru
Yup, Anda bisa menamakan kolom ini New Items, Hot Stuff, atau istilah apa saja yang Anda gunakan untuk produk baru di online shop Anda.

Anda juga bisa mencantumkan kalau produk tersebut adalah produk re-launching dari stok yang lama. Dan lagi, tempatkan gambarnya di urutan pertama dan paling kiri dari page, ya.

5. Jangan Lupa Juga di Halaman Kategori
Halaman kategori biasanya berisi lebih banyak produk dibanding homepage. So, jangan lupa untuk menempatkan produk kurang laku di deretan paling atas dan paling kiri dari daftar kategori produk tersebut.

Anda juga bisa merotasi secara berkala urutan produknya agar produk lain pun menjadi tak kalah laku. Good luck!